Mendaki Gunung Itu Menyenangkan

Mendaki Gunung Itu Menyenangkan. Tetapi kekhawatiran tentang susahnya medan dan pandangan tentang gunung yang menyeramkan sering datang meruntuhkan semangat mendaki. Apabila sudah begitu, apa yang harus dilakukan oleh pemula untuk memulai sebuah pendakian? Tentu bukan hanya sekedar nekat dan gengsi semata.

Mendaki Gunung Itu Menyenangkan
Photo by Darcy Mc Carty
Tetapkan niat, karena gunung itu ada dan tak akan lari gunung dikejar. Gunung yang menjulang dengan gagahnya memang menantang untuk didaki. Berdiri di atas puncak tertinggi dan melihat lautan awan yang diselimuti birunya angkasa setelah mendaki jalur naik turun tentu akan menjadi pencapaian yang memuaskan.

Anggapan yang muncul tentang gunung yang menyeramkan dan berbahaya kadang menggetarkan niat para pemula untuk mendaki gunung.  Ketakutan dasar bagi pemula yang belum pernah melakukan pendakian gunung adalah masuk ke dalam kegelapan dan kerimbunan hutan.

Di samping itu, ketakutan akan binatang buas, nyasar, capek, dingin, susah ke toilet, alasan mistis, takut ketinggian dan berita kecelakaan di gunung adalah hal - hal yang menyelimuti benak pemula ketika mencoba untuk mendaki.

Semua hal itu wajar saja terjadi namun mendaki gunung dan masuk hutan belantara tidak sebegitu menyeramkan dan berbahaya seperti yang dibayangkan.

Semua di awali dengan persiapan matang dapat mengantisipasi segala kerisauan atau ketakutan saat pertama mendaki gunung . Hal pertama yang dapat dilakukan bagi pemula adalah dengan banyak mengumpulkan informasi yang terkait dengan keadaan medan pendakian dan peralatan yang dibutuhkan.

Mendaki Gunung Itu Menyenangkan
Annapurna By Tboothhk
 Kedua, usahakan selalu berada bersama pendaki lain yang lebih berpengalaman. Ketiga, bagi yang belum pernah sama sekali mendaki gunung, usahakan menggunakan jasa profesional agar lebih aman dan teratur dalam pendakian.

Yang terakhir adalah menetapkan niat mendaki! Ketika di lapangan, kita tidak hanya menghadapi masalah perlengkapan dan kondisi perjalanan saja. Cara kita menyikapi kesulitan saat pendakian juga penting untuk diperhatikan.

Di saat semua kekhawatiran tersebut teratasi dengan persiapan yang baik, dijamin kita akan mendapatkan pengalaman - pengalaman terbaik ketika melakukan pendakian. Tak hanya soal dokumentasi keindahan alam karya Ilahi, tetapi proses pendakian merupakan pembelajaran nilai - nilai kehidupan untuk mengatasi setiap kesulitan.

Kekhawatiran naik gunung pasti muncul bagi para pemula. Namun dengan konsistensi niat yang kuat dan persiapan yang matang Anda pasti bisa melewati segala ketakutan tersebut. Sudah tidak takut mendaki gunung? Atau sudah tidak sabar mau merambah hutan belantara? Siapkan ranselmu dan ayunkan langkah menyusuri rimbunnya hutan di gunung.

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×