Bukit Pergasingan, Miniatur Rinjani Di Sembalun

Gunung Rinjani memang salah satu gunung di Indonesia yang menarik para pendaki domestik maupun mancanegara. Pesonanya memang seolah tiada henti untuk dikagumi. Itulah Rinjani, salah satu dari sekian banyak gunung indah milik Indonesia. Apakah menikmati Rinjani harus menginjak hingga puncaknya?

Bukit Pergasingan, Miniatur Rinjani Di Sembalun
View dari Bukit Pergasingan
Bila tak ada kesempatan untuk mendaki Rinjani saat di Lombok Nusa Tenggara Barat, jangan khawatir. Ada tiruan Gunung Rinjani yang tak kalah menariknya. Bahkan saking eksotisnya, banyak yang bilang kalau jauh lebih indah dari puncak Rinjani.

Bukit Pergasingan namanya, tepat berada di Desa Sembalun,  Lombok Timur, dengan ketinggian 1700an Mdpl. Mendaki kurang lebih 3 jam Anda sudah bisa menikmati panorama menakjubkan Desa Sembalun dengan Puncak Rinjani sebagai latar belakangnya.

Bukit Pergasingan, Miniatur Rinjani Di Sembalun
Desa Sembalun dengan background Gunung Rinjani terlihat dari Bukit Pergasingan
Pergasingan berasal dari asal kata Gasing, merupakan sebuah benda permainan tradisional yang diputar dengan menggunakan tali disebut ( sembalun: Alit ), karena diyakini oleh masyarakat Sembalun bahwa pada zaman dahulu tokoh - tokoh terkenal pada masa itu suka berlomba main gasing di puncak gunung yang datar ini. Kegiatan ini rutin mereka lakukan sebagai ajang olahrga atau kepintaran main gasing diantara mereka.
 
Bukit Pergasingan, Miniatur Rinjani Di Sembalun
Permainan Gasing yang menjadi asal muasal diberinya nama Bukit Pergasingan
Bagi yang ingin bermalam di bukit ini, perlengkapan tracking tetap harus dipersiapkan. Begitu juga dengan logistik yang memadai. Jalur pendakian tidak bisa dianggap sepele karena di beberapa titik kita akan menemui kemiringan kurang lebih 65 derajat. 

3 jam pendakian akan sangat melelahkan namun itu juga setimpal dengan pemandangan yang disajikan baik saat dalam perjalanan mendaki sampai anda berada di puncak.

Bukit Pergasingan, Miniatur Rinjani Di Sembalun
Salah satu budaya Lombok yaitu Peresean dipadu dengan background Gunung Rinjani
Temukan keindahan lain di Lombok selain di Gunung Rinjani. Temukan di Bukit Pergasingan, Miniatur Rinjani di Sembalun. Source dan Photo Credit

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×