Pesona Rinjani Dari Pusuk Sembalun

Mengingat Rinjani tentu tak akan lepas dari Sembalun. Sebuah desa di Lombok Timur yang berada di kaki Gunung Rinjani, mempunyai daya tarik lain daripada yang lain. Wilayah ini menawarkan pesona alam pegunungan nan hijau berjejer dan mengelilingi desa yang juga menjadi salah satu desa agrowisata di Lombok Timur. Pesona itu adalah Pusuk Sembalun.

Pesona Rinjani Dari Pusuk Sembalun

Pusuk Sembalun merupakan dataran tinggi di Lombok Timur, tepatnya lereng Gunung Rinjani, yang berada pada ketinggian 1.250 meter di atas permukaan laut.

Tempat ini awalnya merupakan persinggahan para pendaki yang sedang melepas lelah setelah berjuang melawan jalan yang menanjak dan berliku tajam. Namun, kini menjadi tujuan pariwisata sendiri bagi para muda - mudi.

Keistimewaan tempat ini adalah keindahan alam yang sangat subur dan desa - desa tradisional Sasak yang berada di lembah dan diapit oleh perbukitan. Belum lagi cuaca yang dapat berubah setiap jamnya.

Setiap Sabtu, Minggu, dan hari - hari libur lainnya, Pusuk Sembalun kerap macet dan sesak oleh para pengunjung yang berdatangan mulai dari pagi sampai sore hari.

Di sini, pengunjung bisa menikmati pemandangan Desa Sembalun dari ketinggian, menaiki bukit - bukit hijau di sekitar, berfoto - foto, menikmati kopi, dan bermain bersama sekawanan monyet.

Untuk yang suka pengalaman berbeda, Anda dapat memanjat bukit Pusuk yang berada di sisi kanan dan kiri jalan. Jalur menuju bukit tersebut bisa dibilang lumayan ekstrem dan menguji adrenalin.

Semakin tinggi tempat yang Anda panjat, semakin indah pemandangan yang akan Anda temukan.

Tersedia pula gazebo yang sudah lama dibuat oleh warga untuk memanjakan pengunjung menikmati udara segar kaki Gunung Rinjani dan menikmati keindahan Desa Sembalun dari ketinggian.

Jika tertarik menikmati wisata Pusuk Sembalun, terdapat dua rute yang dapat Anda tempuh, yaitu melalui jalur utara dan timur.

Pesona Rinjani Dari Pusuk Sembalun

Jika Anda berangkat dari Mataram dengan rute timur memang lebih dekat, akan tetapi pemandangan yang didapat tidak begitu banyak, hanya terasering sawah saat memasuki hutan Pusuk.

Namun, jika berangkat dari rute utara, Anda dapat singgah di beberapa titik yang menarik, seperti pantai utara ( Kerakas, Tampes ), mengunjungi bangunan masjid kuno Bayan, rumah tradisional Bayan, dan sebelum ke menuju Pusuk Anda dapat singgah di Sembalun Lawang dan Bumbung untuk wisata alam lainnya dan mengujungi Desa Belak ( desa yang menjadi cagar budaya ).

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×