Cara Membuat Agar Anak Mencintai Alam

Mencintai alam memang sebaiknya dimulai sejak dini. Dimulai dari usia anak - anak agar cintanya kepada alam lebih dalam hingga saat dewasa nanti. Salah satunya adalah membiarkan anak bermain di luar ruang atau di luar rumah. Menghabiskan waktu di luar rumah adalah baik bagi anak.

www.belantaraindonesia.org

Jika Anda ingin putra - putri Anda memiliki hobi di luar ruangan, sebaiknya mulai sekarang Anda mengajak anak - anak untuk lebih sering keluar rumah. Anda bisa mengenalkan kegiatan di luar ruang untuk anak Anda agar mereka semakin mencintai alam seperti yang dilansir dari All Women Stalk berikut ini.

Birdwatching
Birdwatching atau kegiatan mengamati burung dengan menggunakan teropong merupakan hobi yang menyenangkan yang bisa dilakukan di alam bebas. Sebagai permulaan, Anda bisa membeli beberapa burung dan membangun kandangnya di atas pohon, kemudian mulai mengamatinya bersama dengan anak.

Meteorologi
Anak - anak biasanya tertarik dengan cuaca dan segala fenomena alam yang berada di sekitarnya. Hal tersebut sebaiknya Anda manfaatkan dengan cara mengajarkan proses turunnya hujan dan yang lainnya. Anda juga bisa memberikan anak sebuah termometer sederhana untuk membuatnya aktif mengukur suhu di sekitar lingkungannya berada.

Berburu Serangga
Ada beberapa anak yang alergi atau bahkan takut dengan serangga. Namun jika putra atau putri Anda justru kagum ketika melihat kepik kecil, dukung hobinya tersebut dengan semakin sering bermain di luar ruangan dan mengajaknya lomba berburu serangga.

Membeli Aquarium
Anda bisa membeli akuarium lengkap dengan isinya, kemudian meminta anak untuk menjaga ikan - ikan di dalam akuarium tersebut. Dengan demikian, anak akan belajar untuk menjaga hewan peliharaan sekaligus mencintai ekosistem alam dalam skala kecil.


Berkebun
Berkebun adalah salah satu hobi yang cocok untuk pria dan wanita di segala umur. Jika Anda sendiri memiliki hobi untuk menanam buah, sayuran, atau tanaman lainnya, ajak juga putra dan putri Anda untuk berkebun. Hobi berkebun ini pun mungkin akan terus dilakukan si kecil sampai mereka beranjak dewasa.

Koleksi Batu
Berbagai jenis bebatuan dengan bentuk yang berbeda dianggap unik oleh anak - anak. Ajak mereka untuk mengoleksi batu sebanyak - banyaknya dari tempat - tempat yang mereka kunjungi. Dengan demikian Anda akan memiliki kesempatan untuk selalu membawa anak keluar rumah dan membuat mereka mencintai lingkungan.

Astronomi
Sebagai permulaan, Anda bisa saja membelikan anak Anda sebuah teleskop bintang. Anak akan tertarik untuk mengamati isi langit, terutama di malam hari. Anda juga sebaiknya mengajarkan mereka tentang konstelasi bintang secara sederhana, agar mereka semakin tertarik untuk menatap luar angkasa yang luas tersebut.

Fotografi
Kegiatan terakhir yang bisa Anda kenalkan pada anak agar mereka mencintai alam adalah fotografi. Pastikan selalu bahwa objek yang dipotret adalah lingkungan sekitar di luar ruangan. Anak pun akan semakin sering menghabiskan waktunya di alam daripada hanya berdiam diri di dalam rumah.

Dari ulasan di atas, apakah anak Anda sudah pernah melakukan salah satunya? Jika belum, kegiatan mana yang kira - kira Anda tertarik untuk dikenalkan pada anak?  merdeka

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×