Meningkatkan Kreativitas Dengan Mendaki Gunung

Bagi para pendaki gunung, kegiatan mendaki gunung memang selayaknya berbagi kisah dengan alam. Ya, alam memang bisa memberikan inspirasi bagi manusia.

Hal ini dibuktikan dalam sebuah penelitian terbaru yang menunjukkan bahwa menghabiskan waktu beberapa hari untuk mendaki gunung bisa meningkatkan kreativitas.

Meningkatkan Kreativitas Dengan Mendaki Gunung

Penelitian ini dilakukan pada 56 pendaki selama empat hari. Mereka tidak diperkenankan membawa laptop, telepon genggam, atau teknologi lain.

Hasilnya, peneliti menemukan bahwa berinteraksi dengan alam selama empat hari tanpa gangguan teknologi bisa meningkatkan kreativitas para pendaki hingga 50 persen.

Hal ini diketahui melalui ujian kreativitas yang mereka lakukan sebelum berangkat mendaki dan setelah melakukan pendakian.

Peneliti menjelaskan bahwa hal ini disebabkan aktivitas otak yang beristirahat dari terpaan teknologi dan stres yang dirasakan di keseharian.

"Otak manusia sangat dipengaruhi oleh keadaan sekitarnya. Otak lama - lama menjadi tak berguna jika terus berhadapan dengan teknologi," ungkap peneliti David Strayer dari University of Utah, seperti dilansir oleh Today Health.

Meningkatkan Kreativitas Dengan Mendaki Gunung

Mengalihkan perhatian dari jejaring sosial, telepon genggam, komputer, dan tekanan keseharian membuat bagian otak yang berhubungan dengan kreativitas menjadi segar kembali.

Alam tampaknya memberikan efek positif pada otak. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mendaki tak hanya meningkatkan kreativitas tetapi juga meningkatkan kekebalan tubuh untuk melawan kanker. Berada di alam terbuka juga membuat seseorang bersikap lebih lembut.

Jadi, tunggu apa lagi? Tak ada salahnya untuk mulai merencanakan liburan ke alam liar atau mendaki ke pegunungan ketika Anda punya waktu senggang. src

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×