Tips Mendaki Gunung Anak Krakatau

Pesona dan legenda Gunung Krakatau memang tak akan ada habisnya. Terlebih lagi bagi para penggiat alam bebas dan pendakian gunung. Siapa yang tidak mengenal letusan dahsyat Gunung Krakatau Purba pada 1883?

Akibat letusan tersebut sepertiga dunia menjadi gelap, dan Krakatau terpecah menjadi beberapa pulau. Krakatau, nama yang membuat bergidik.

 Tips Mendaki Gunung Anak Krakatau

Anda ingin mendakinya? Krakatau berbeda dengan gunung lainnya yang ada di Indonesia, ada aturan ketat bagi pengunjung yang ingin menyambangi Anak Krakatau yang berada di sisi Krakatau. Bukan itu saja, persiapan dan perbekalan pun adalah satu hal yang harus diperhatikan.

Berikut tips bagi Anda yang ingin berwisata pendakian ke Gunung Anak Krakatau.

1. Gabung Dengan Kelompok Besar
Sulitnya mendapatkan izin berkunjung dan mendaki ke Gunung Anak Krakatau adalah tantangan besar bagi para traveler.

Untuk itu, ada baiknya Anda bergabung dengan kelompok besar yang biasa melakukan perizinan perjalanan ke Balai Konservasi Dan Sumber Daya Alam ( BKSDA ) untuk menuju Krakatau. Hal ini akan mempermudah Anda karena tidak perlu berurusan dengan birokrasi.

Selain tidak perlu memikirkan soal perizinan, Anda juga bisa mendapatkan banyak teman dan informasi berharga dari mereka yang lebih senior dan berpengalaman.

2. Siapkan fisik
Perjalanan ke Gunung Anak Krakatau bukan perjalanan yang mudah. Ini adalah perjalanan yang akan mengetes sejauh mana daya tahan fisik Anda. Kondisikan kebugaran Anda sebelum menantang gunung yang memiliki kemiringan lebih dari 45 derajat tersebut.

Pun jika sudah tiba saatnya, jangan paksakan fisik Anda jika tidak mampu melanjutkan perjalanan saat mendaki Gunung Anak Krakatau.

Sebab jika terjadi hal - hal yang tidak diinginkan, justru Anda akan membebani anggota tim Anda yang juga melakukan pendakian.

3. Gunakan Sepatu Khusus Treking
Saat melakukan treking usahakan agar Anda menggunakan sepatu khusus treking. Sepatu yang didesain dengan sol tebal dan permukaan yang keras akan melindungi kaki Anda terhadap pasir panas Anak Krakatau.

Sebab jika Anda menggunakan sepatu biasa, dapat dipastikan sepatu Anda akan kalah. Sol sepatu akan dengan mudah rusak dan lepas karena panasnya pasir.

4. Siapkan Sunblock Dan Pakaian Panjang
Terik Matahari menjadi tantangan yang harus disiasati saat melakukan tur Krakatau. Anda tentu tidak ingin kulit menjadi hitam karena terbakar Matahari bukan?

Kecuali jika Aa memang berniat melakukan tanning alami selama perjalanan, itu perkara yang berbeda.
Nah buat Anda yang tidak ingin terlihat kian gelap, jangan lupa untuk mengoleskan sunblock atau tabir surya. Ini akan melindungi kulit Anda dari jahatnya paparan sinar Matahari.

Disarankan untuk memilih pakaian tangan panjang, ini adalah perlindungan yang tepat selain menggunakan sunblock.

5. Stok Air Mineral
Mendaki gunung dengan tingkat kemiringan lebih dari 45 derajat jelas akan menyita tenaga Anda. Lelah dan haus pasti akan segera menyerang saat Anda berada di sepertiga pendakian.

Untuk itu, bekali diri Ada dengan air mineral yang cukup. Bagi Anda yang belum pernah naik gunung, lebih bagus lagi jika membawa madu untuk diisap sepanjang perjalanan.

Madu akan membantu menjaga vitalitas tubuh anda dengan asupan kalori dan gula yang terkandung di dalamnya.  Tribbunews
 

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×