Berilah 'Kelas Alam' Bagi Si Kecil

Sangat menyesakkan hati melihat kegiatan si kecil usai pulang dari sekolah kemudian hanya terdiam di depan layar televisi atau monitor komputer hanya untuk menyelesaikan kegiatan bermain video game. Tentu psikologi anak tak berkembang baik apabila hanya terlalu sering berinteraksi dengan mesin. Kemana jiwa bebas seorang anak yang ingin berinteraksi dengan alam seperti masa kecil kita?

www.belantaraindonesia.org

Berapapun umur anak, dia bisa mendapat banyak pelajaran dari berinteraksi dengan alam. Dengan mengamati segala sesuatu yang ada di sekitarnya, ia bisa mulai mengembangkan kemampuan menganalisa, yang nantinya dapat membantu si kecil menguasai konsep ilmu pengetahuan dan matematika di sekolah.

Bila anak Anda masih sangat kecil, rencanakan kegiatan bermain di luar area dalam waktu yang singkat. Jangan mengajaknya pergi berkemah di hutan atau mendaki gunung, misalnya. Hal tersebut akan terasa terlalu berat dan menjenuhkan untuknya. Meski buah hati berbakat menjadi petualang, Anda tetap harus selalu mendampingi dan mengawasinya kala bermain di luar.

Ciptakan sebuah permainan bersama seluruh anggota keluarga. Bisa dengan petak umpet, kasti, bete ( engklek dalam bahasa Jawa ), bentengan ( jek - jekan dalam bahasa Jawa ), dan masih banyak lagi. Permainan bagus untuk kesehatan fisiknya. Secara tidak sadar, si kecil akan berolahraga dan mengeluarkan keringat. Menghibur sekaligus menyehatkan.

Pergi ke daerah pedesaan atau pelosok juga bisa dilakukan bersama anak. Sembari bermain, Anda bisa memberikan ‘pendidikan’ langsung dengan membawanya langsung ke peternakan - peternakan ayam atau sapi, tempat pembuatan tahu, kebun strawberry, kebun binatang, dan berbagai macam tempat menarik lainnya.

www.belantaraindonesia.org

Banyak hal yang bisa dilakukan. Memilih hewan atau tumbuhan yang dia sukai, kemudian memberikan nama pada hewan atau tumbuhan tersebut. Saat - saat seperti ini, Anda juga bisa ‘membukakan’ matanya, bahwa alam di luar sangatlah beragam, tidak hanya seperti yang selalu ia lihat di rumah.

Meski beraneka macam, alam tetap bisa hidup seimbang. Ajari anak untuk memahami jalan dan peta. Minta ia mencari papan petunjuk bertuliskan Taman Safari, misalnya. Bila ada keterangan, di papan petunjuk, jarak dari titik Anda berada ke Taman Safari sejauh 500 meter, minta si kecil membacakannya. Selama di perjalanan, Anda bisa memberikan pemahaman secara nyata seberapa jauh 500 meter tersebut.

Sebelum pergi, siapkan banyak makanan, minuman, cemilan, dan baju ganti untuk keperluan si kecil. Anak sering menjadi rewel, bila tubuhnya mulai letih dan lapar. Bawakan barang - barang untuk tetap membuatnya nyaman dan aman seakan berada di rumah.

Perhatikan pula cuaca hari itu. Bila awan gelap sudah muncul, tidak usah memaksakan diri untuk pergi, meski anak merengek - rengek. Lebih baik menunda kepergian, daripada melihat si kecil sakit terkena hujanghiboo

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×