Mengapa Pendaki Semeru Ingkar Janji?

Mengapa pendaki Semeru ingkar janji? Padahal pendakian ke gunung Semeru di Jawa Timur tidak diijinkan sampai ke puncak Mahameru. Batas pendakian hanya sampai Pos Kalimati saja.

Tetapi pendaki yang sudah membuat pernyataan dan menyanggupi aturan tersebut justru banyak yang ingkar.

 Mengapa Pendaki Semeru Ingkar Janji?

"Mereka sudah isi surat pernyataan dan menyatakan kesanggupan. Tetapi ya itu justru mengingkari," sesal Ayu Dewi Utari Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Ayu kecewa saat membaca ocehan di media sosial yang menuliskan bahwa pendaki memiliki tantangan besar dan akan bangga jika bisa mencapai Puncak Mahameru.

"Saya seperti bagaimana, mereka justru banyak mencari pembenaran," sahutnya.

Ayu menyatakan semua orang bebas untuk mendaki Gunung Semeru, asal memenuhi beberapa persyaratan, di antaranya menyertakan surat bukti sehat dan mengisi pernyataan sanggup mengikuti aturan pendakian.

"Tetapi mereka banyak yang naik sampai puncak, bukan berarti kita tidak melarang. Namun mereka melihatkan tingkat kesadaran untuk mentaati aturan sangat kurang," jelasnya.

Ditanya mengapa tidak melakukan pengawasan maksimal, Ayu mengungkapkan,  langkah tersebut sangat mustahil dilakukan.

Dikatakan, kondisi di Pos Kalimati suhu udara minus 0 derajat celsius, pihaknya hanya bisa memasang satu petugas di sana secara bergiliran.

"Padahal pendaki jumlahnya ratusan setiap hari, sangat tidak mungkin ( diawasi ). Kalau dipagar, siapa yang akan membawa bahan bakunya," tuturnya.

Ayu hanya bisa berharap, ke depan para pendaki lebih taat dan tidak lagi menerobos batas pendakian.

Meski banyak celah bisa dilakukan hingga mampu menuju puncak, selain waktu pendakian pasti di malam hari maupun lemahnya penjagaan.

"Kami hanya minta kesadaran pendaki. Jangan selalu punya pikiran ada masalah atau musibah maka Balai Besar akan mencari," imbau  Ayu.

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×