Pendaki Lebay Merepotkan Tim SAR

Pendaki yang tak mempersiapkan diri dengan mental, fisik, dan perbekalan yang memadai disarankan untuk tak memaksakan diri melakukan pendakian gunung agar nantinya tak merepotkan. Karena dunia pendakian gunung bukanlah taman bermain yang hanya untuk coba - coba.

Pendaki Lebay Merepotkan Tim SAR

Sebagaimana diceritakan Komandan SAR Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD ) Boyolali, Kurniawan Fajar Prasetyo, Rabu 17 Februari 2016.  Pada Selasa 16 Februari 2016 belasan pendaki asal wilayah Bantul, Yogyakarta, melakukan pendakian Gunung Merbabu melalui pintu masuk Selo.

Pada Selasa malam, pihaknya mendapat kabar dari Tim SAR Bantul jika ada pendaki di Merbabu yang memanggil tim SAR sebab diinformasikan ada anggota rombongan yang sakit dan membutuhkan pertolongan.

Tim SAR dari BPBD Boyolali bersama dengan relawan lalu melakukan penyisiran di sepanjang jalur pendakian Merbabu untuk mencari kelompok pendaki yang katanya meminta evakuasi.

Pada Rabu sekitar pukul tiga dinihari, tim pencari menemukan kelompok pendaki tersebut di kawasan Sabana I dalam kondisi selamat tak kurang suatu apapun.

Saat ditemukan, mereka tak ada yang sakit. Kemungkinan mereka meminta tolong karena kedinginan dan belum berpengalaman di gunung sehingga ketakutan dan panik.

Namun yang lebih menjengkelkan, setelah ditemukan, rombongan pendaki tersebut ternyata menolak saat diajak turun dan memilih meneruskan pendakian ke puncak.

Hal itu sangat disesalkan mengingat sebelumnya mereka yang meminta tolong kepada tim SAR. Berdasarkan informasi, kelompok pendaki tersebut juga tak melaporkan aktivitas mereka ke pos pendakian.

Kalau tidak siap fisik dan mental mending tidak usah mendaki dululah,” kata Fajar.

Agar kejadian tersebut tak terulang dan aktivitas pendakian malah merepotkan serta membuat khawatir banyak pihak, ia 'mewanti - wanti' kepada siapapun yang ingin mendaki agar mempersiapkan mental dan fisik terlebih dulu.  krjogja
 

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×