Gunung Pangonan, Destinasi Baru Kawasan Dieng

Gunung Pangonan, destinasi pendakian baru di kawasan Dieng mewarnai wisata unggulan di Jawa Tengah ini. Dieng yang terkenal dengan Gunung Prau, Bukit Sikunir dengan Golden Sunrise-nya kini telah dibuka untuk umum destinasi unggulan lain, Gunung Pangonan.

Gunung Pangonan, Destinasi Baru Kawasan Dieng
Diengbackpacker.com
Gunung ini patut menjadi perhatian, karena pos pendakian atau bascamp Gunung berketinggian 2300 Mdpl ini telah resmi dibuka sejak Kamis18 Februari 2016 oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, bersamaan dengan perayaan Tawur Agung Umat Hindu di Kawah Sikidang.

Pos pendakian Gunung Pangonan berada di Desa Karangtengah, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Pos ditandai dengan bangunan rumah kayu permanen, disertai tempat parkir kendaraan yang amat luas, berada tepat di awal jalur pendakian.

Pos ini cocok menjadi tempat persiapan naik ke gunung, serta melepas dahaga sejenak dari perjalanan dari rumah. Gunung Pangonan cocok untuk semua pendaki.

Para pendaki pemula juga bisa menaiki, lantaran jalan yang dilalui tidak cukup terjal. Jika cuaca terang, puncak gunung juga telah kelihatan dari pos pertama ini.

Namun jarak tempuh bisa berbeda jauh tergantung dengan kondisi pendaki itu sendiri. Gunung Pangonan mempunyai keunikan dibanding gunung lain yang ada di Dieng.

Gunung Pangonan, Destinasi Baru Kawasan Dieng
eventbanjarnegara.com
Jika Gunung Prau bisa menikmati puncak yang luas dan panorama yang indah, sementara Sikunir bisa menikmati pemandangan sunrise yang cantik, Gunung Pangonan menawarkan pengalaman berbeda.

Selain bisa menikmati sunrise dan sunset di atas puncak gunung, Anda juga bisa menikmati sebuah pemandangan panjang berupa padang sabana. Seperti lazimnya padang, di atas Gunung Pangonan, rumput - rumput tumbuh liar nan luas di atas gunung.

Ketika musim kemarau tiba, rumput terlihat makin indah karena makin menguning. Pemandangan rumput kuning tambah menarik ketika diabadikan dalam foto, bahkan tidak sedikit yang berfoto "selfie" di padang sabana ini.

Jika Anda tak bisa mengunjungi Gunung Semeru yang ada padang sabana terkenal itu, cukuplah Anda lihat panorama sabana dari gunung ini.

Gunung Pangonan ini tepat berada di atas kompleks wisata Candi Arjuna. Saat Anda beberapa langkah menaiki gunung, Anda bisa melihat dengan jelas candi legendaris warisan umat Hindu tersebut.

Bahkan, ketika turun, Anda dimanjakan dengan panorama alam Kawah Sikidang. Anda tertarik? Silahkan coba mendaki.  src
 

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×