Inilah 6 Jalur Pendakian Gunung Prau

Gunung Prau di wilayah Dieng Wonosobo Jawa Tengah memang pas bagi pendaki pemula maupun pemburu keindahan alam. Jalur yang bersahabat dengan jutaan pesona alam nan memukau dan ketinggian yang bersahabat, menjadi nilai tersendiri.

Inilah 6 Jalur Pendakian Gunung Prau

Gunung Prau dulunya hanya ada 2 jalur resmi pendakian, yaitu via Pathak Banteng dan via Dieng. Kini Sudah ada 8 Jalur pendakian untuk menuju Puncak Gunung Prau, walaupun hanya ada 6 jalur yang dibuka untuk pendakian umum. 

Sedangkan 2 lainnya masih dijadikan untuk rute konservasi dan bukan untuk rute pendakian umum. Dan inilah 6 jalur pendakian Gunung Prau yang di rekomendasikan.

1. Jalur Pathak Banteng
Jalur ini merupakan jalur favorit para pendaki, selain jarak tempuh yang pendek, juga berada tepat di tepi jalan raya. Kamu cukup naik angkutan umum dari Wonosobo dengan membawa tas carrier, maka sudah pasti akan direkomendasikan untuk melalui rute ini. Basecamp ini terletak di Desa Patak Banteng, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo.

2. Jalur Kali Lembu
Jalur Pendakian ini akan bertemu dengan jalur Pendakian dari Dieng Wetan dan Dieng Kulon. Rute ini lebih landai daripada rute Pathak Banteng. Base Camp Kali Lembu tidak berada jauh dari Base Camp Pathak Banteng, Base Camp ini terletak di Desa Kali Lembu, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Berada di atas desa Pathak Banteng apabila kamu datang dari Wonosobo. 

3. Jalur Dieng Wetan
Base Camp Dieng Wetan beralamatkan di Desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, merupakan jalur pendakian favorit karena dekat dengan obyek wisata Dieng, lokasi Base Camp berdekatan dengan penginapan Bu Djjono. 

Inilah 6 Jalur Pendakian Gunung Prau

4. Jalur Dieng Kulon ( Dwarawati )
Ada yang menyebutnya dengan rute Dwarawati, kareana memang terletak dekat dengan Candi Dwarawati. Bila kamu hendak menuju ke lokasi Base Camp ini, cara termudah adalah dengan mencari objek wisata Candi Dwarawati. Terletak di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara.  

5. Jalur Campurejo
Jalur ini jarang diketahui karena baru dibuka oleh rekan - rekan Swambin Jungle Trekking Club. Base Camp Pendakian Gunung Prau via Campurejo ini terletak di Desa Campurejo, Kecamatan Tretep, Kabupaten Temanggung.  

6. Jalur Wates
Pendakian Gunung Prau via Wates, jalur pendakian termasuk dalam kategori landai, sehingga waktu tempuh bisa sekitar 3 jam untuk jarak sekitar 4,7 Km. Base Camp Wates terletak di Desa Wates, Kecamatan Wonoboyo, Kabupaten Temanggung. 

Semoga Gunung Prau tetap menjadi favorit pendaki dan tetap terjaga, serta semakin lestari.  phinemo
 

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×