Peralatan Minimum Saat Bertualang Alam Bebas

Meniti jeram, ketinggian gunung, tebing curam kini mulai banyak diminati oleh berbagai kalangan masyarakat Indonesia. Dan kegiatan tersebut melibatkan pemakaian peralatan yang lengkap untuk mendukung keselamatan.

Peralatan Minimum Saat Bertualang Alam Bebas

Meski begitu tentu ada barang - barang yang sangat minimum harus dibawa ke alam. Berikut peralatan paling minimum yang harus dibawa ketika mulai bertualang ke alam bebas.

Obat Antiseptik
Pilih yang kemasannya aman dibawa ke luar ruang seperti kuat dan tahan banting. Jika tidak masukkan obat antiseptik tersebut kedalam pouch atau tempat yang bisa melindunginya.

Obat ini tentunya sangat penting dibawa karena dapat menjadi pertolongan pertama dari mulai tergores hingga luka yang parah.

Kain Kasa
Kain kasa atau kain pembalut luka yang berpori cukup besar. Kain tersebut tentunya untuk membalut luka.

Perhatikan kondisi kain tersebut, pilih yang terbungkus oleh plastik atau kemasan untuk dibawa ke alam. Karena jika kain tersebut tidak steril atau terbuka maka dikhawatirkan lembab di alam.

Perban atau Plester
Jika luka ringan, Anda tidak perlu menggunakan kain kasa. Cukup dengan perban atau plester. Membiarkan luka sekecil apa pun terbuka dalam keadaan alam ekstrem akan sangat membahayakan.

Kit Tambahan
Bisa berupa pemotong seperti gunting atau pisau, juga pinset, dan sarung tangan. Pinset dapat berguna jika anda memerlukan operasi kecil, seperti mengeluarkan duri, atau karang yang masuk ke kulit.

Sedangkan sarung tangan medis berfungsi agar tidak terkena darah dari orang yang ditolong, atau ketika sama - sama mengeluarkan darah tidak tercampur, ketika bercampur akan riskan tertular berbagai penyakit.

Peralatan Minimum Saat Bertualang Alam Bebas

Selain itu bagi kategori yang sudah profesional, atau bentang alamnya ekstrem termasuk membuka jalan hutan, Anda perlu membawa Snake Bite Extractor.

Alat ini semacam bekam untuk mengeluarkan bisa ular sementara sebelum korban dilarikan ke rumah sakit.

Bagi yang menyukai ketinggian dengan suhu ekstrem, memerlukan emergency blanket yang terbuat dari alumunium foil. Alat ini berguna utk mengembalikan suhu tubuh ketika terindikasi hipotermiatravel.kompas
 

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×