Trik Saat Tersesat Di Gunung

Tersesat adalah salah satu kemungkinan terburuk saat Anda mendaki gunung. Bukannya mendoakan, tetapi kemungkinan seperti ini bisa saja terjadi. Oleh karena itu, sebelum mendaki, persiapan harus dilakukan secara matang.

Trik Saat Tersesat Di Gunung

Namun, jika kemungkinan buruk itu menimpa Anda, jangan panik. Tetaplah berkepala dingin dan lakukan beberapa hal agar Anda bertemu pendaki lain.

Banyak pendaki bingung, panik, atau memilih jalur asal - asalan ketika tersesat di gunung. Jika tak bertemu pendaki lain, coba lakukan beberapa trik ini agar mudah ditemukan tim SAR.

Bila Anda merasa sudah tersesat lebih baik Anda kembali ke titik start atau langsung menuju puncak. Dengan begitu, kemungkinan Anda bertemu pendaki akan lebih besar.

Namun, jika Anda sudah mengambil jalur yang salah dan berputar terlalu jauh, hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat tanda. Bisa dengan apa saja. Misal, bungkus mi instan ditulis dengan nama dan digantungkan di pohon, atau apa saja.

Trik Saat Tersesat Di Gunung

Jika Anda melihat lahan kosong dan terbuka, istirahatlah di sana. Di lahan tersebut, Anda bisa membuat susunan batu atau kayu berbentuk nama. Ini agar keberadaan Anda terlihat jika tim SAR mencari lewat udara.

Tanahnya dibersihkan dahulu, cari kayu yang ukurannya agak besar. Jika ada lembah, kemungkinan ada air mengalir. Coba isi persediaan minum di sana.

Trik terakhir yang bisa dilakukan adalah mengikat atau menaruh barang - barang "simbolik" diri kita di perjalanan. Bisa berupa syal, baju, kain, atau benda lainnya.

Sebelum mendaki harus meninggalkan pesan ke orang atau petugas registrasi. Perlihatkan kita bawa apa saja sehingga nanti mudah dicari petunjuknya.  kompas

 

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×