Pastikan 5 Hal Ini Sebelum Mendaki Rinjani

Kamu ingin mendaki Gunung Rinjani namun masih dalam golongan pendaki pemula? Jangan terlalu khawatir jika kamu bisa memastikan 5 hal berikut ini. Tentu dari semua ini yang paling utama adalah sehat dan niat. Karena Rinjani menawarkan keindahan yang luar biasa.

Pastikan 5 Hal Ini Sebelum Mendaki Rinjani

Awal Mei sampai dengan akhir September adalah waktu yang tepat untuk mencoba mendaki Rinjani. Karena pada bulan - bulan itu adalah waktu cerah di Indonesia.

Kamu pendaki pemula? Cobalah pastikan 5 hal berikut ini sebelum mendaki Rinjani.

1. Pilih Waktu Yang Ideal
Hindari mendaki Gunung Rinjani saat puncak musim pendakian, seperti saat libur panjang, 17 Agustus, libur Natal dan Tahun Baru. Ini karena jalur pendakian akan dipenuhi oleh pendaki lain dan akan mempersulitmu yang masih pemula.

Jika terpaksa mendaki pada saat tersebut, kamu dapat mencoba memanfaatkan jasa porter untuk membantu pendakian.

2. Cari Info Tentang Rute Pendakian
Mendaki Gunung Rinjani dapat dimulai dari beberapa tempat berbeda. Biasanya melalui Senaru atau Sembalun.

Meskipun panas terik, jalur Sembalun lebih sering dipilih oleh para pendaki karena waktu tempuhnya yang relatif lebih cepat.

Senaru biasanya dipilih oleh pendaki yang memakai jasa porter untuk membawa perlengkapan mereka karena jalurnya yang relatif panjang, namun rindang.

3. Sesuaikan Perlengkapanmu
Gunung Rinjani memiliki ketinggian 3726 Mdpl. Ini menjadikan Rinjani sebagai gunung tertinggi nomor 3 di Indonesia.

Pastikan 5 Hal Ini Sebelum Mendaki Rinjani

Medan alam gunung memiliki 2 karakteristik utama, yaitu dingin dan terik cahaya Matahari sekaligus. Bawalah jaket tebal yang tahan air. Bawa juga kacamata hitam dan tabir surya dengan SPF 50.

Topi atau kupluk juga dapat berfungsi untuk menghangatkan telinga sekaligus melawan teriknya Matahari. Pastikan kamu memakai sepatu dengan ukuran yang tepat ( tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil ).

Peralatan lain seperti tenda, kantung tidur, dan yang lainnya dapat kamu sesuaikan dengan standar perlengkapan pendakian pada umumnya.

4. Pastikan Air Cukup
Air biasanya menjadi momok bagi para pendaki. Perannya vital namun merupakan beban yang berat. Gunung Rinjani memiliki Segara Anak, sumber air luas yang biasa dimanfaatkan pendaki untuk minum, masak, dan bersih - bersih.

Selain Segara Anak, terdapat juga beberapa mata air di pos lainnya. Kamu dapat membawa perbekalan air untuk mengawali pendakian, dan mengisi kembali botol minum di sumber air yang tersedia di pos pendakian.

Selalu cukupi kebutuhan cairan tubuhmu, karena gunung merupakan medan perjalanan yang cukup berbahaya. Dinginnya udara gunung yang membuat kulit menjadi kering dan teriknya Matahari sangat mudah membuat pendaki mengalami dehidrasi.

5. Perbekalan Atau Logistik
kamu dapat membeli kebutuhan logistik perjalanan sebelum memulai pendakian. Bawalah bahan makanan yang mudah dimasak dan usahakan yang tidak membutuhkan banyak air dalam proses memasaknya untuk menghemat persediaan air.

Simpan makananmu dalam kontainer atau plastik dengan ukuran yang sesuai agar tidak bocor dan efisien.

Nah, pastikan 5 hal tersebut sebelum mendaki Rinjani agar pendakianmu menyenangkan dan aman tentunya. Selamat mendaki!  chat.klikdokter

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×