Tips Memakai Tabir Surya Bagi Pendaki Gunung

Kegiatan luar ruang pastinya memiliki bahaya sendiri. Salah satunya adalah paparan sinar Matahari yang bisa membuat kulit terbakar hingga terkena kanker kulit. Tentu hal tersebut sangat di hindari oleh para pendaki gunung masa kini.

Tabir Surya Bagi Pendaki Gunung

Salah satu cara untuk menghindari atau meminimalisir paparan sinar matahari adalah menggunakan tabir surya ( sunscreen ). Tabir surya dibutuhkan tak hanya saat berwisata pantai, tapi juga gunung.

Karena semakin tinggi posisi kita maka semakin kuat pancaran sinar Mataharinya. Hal itu terlepas dari penghalang sinar Matahari seperti pohon atau salju.

Semakin kuat pancaran Mataharinya. Kadang - kadang orang suka lupa. Jalan - jalan ke gunung yang dingin tapi kulitnya terbakar. Bukan karena sudah tertutup pohon, tapi karena elevasi itu.

Untuk pendaki gunung, tabir surya yang digunakan mengandung Sun Protection Factor ( SPF ) yang tinggi. SPF yang cocok adalah 50. Tabir surya yang digunakan juga harus mengandung PA ( Protection Against UV A ).

Untuk PA - nya yang 3+++. Lalu pakai 20 menit sebelum mendaki gunung. Setiap satu jam hingga dua jam diulang kembali. Itu sebelum keluar rumah.

Tabir surya memiliki kandungan SPF dan PA. SPF berfungsi untuk melindungi dari paparan ultra violet B yang menyebabkan kulit terbakar dan diukur dengan angka. Angka SPF ini seperti SPF 30 atau 50 dapat memperkirakan jangka waktu perlindungan untuk kulit.

SPF yang tinggi bisa melindungi kulit dari sinar UV lebih lama. Sementara itu, PA dapat melindungi kulit dari radiasi UV A yang menyebabkan kulit lebih dalam dan diukur dengan tanda +. Misalnya PA++ atau PA+++.

Jika menginap saat mendaki gunung, tabir surya bisa dioles kembali pada pagi hari. Penggunaan tabir surya untuk melindungi kulit pendaki gunung dari paparan sinar Matahari yang berbahaya.

Disarankan bagi pendaki gunung untuk memilih tabir surya dengan fitur tahan air ( water resistant ) dan anti keringat ( sweatproof ). Hal itu mencegah tabir surya hilang karena terkena air dan keringat.  kompas

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×