Burung Petunjuk Jalan Pendakian Lawu

Menuju Gunung Lawu di wilayah Tawangmangu, adalah suatu petualangan pendakian gunung yang sangat mustahil bisa di lupakan dengan mudah. Alam yang indah dan panorama yang menyejukkan menjadi target utama para penggemar pendakian gunung jika menuju Lawu. Selain itu juga ada wisata lain di sana, yakni Tawangmangu dengan Grojogan Sewu nya.

Pendakian bisa melewati dua jalur terkenal yaitu Cemoro Kandang dan Cemoro Sewu, selain jalur lain yang masih ada.

Kali ini tentang Cemoro Sewu yang jalur terpendek sebenarnya, tetapi teramat banyak tanjakan yang mesti kita rambah. Memintas sekitar 9 kilometer di bandingkan jalur Cemoro Kandang.

Jika kita mulai memasuki hutan Lawu lewat Cemoro Sewu, di suasana malam hari, akan mudah kita mendengar suara burung yang melintas di dekat kita.

Itulah burung Jalak Gading penghuni Lawu. Bila kita sedang berjalan mendaki lalu mendengar suara Jalak Gading, berarti jalan kita sudah benar dan tak tersasar.

Sebaliknya jika kita tak mendengar suara atau kepakan dari burung tadi, berarti kita telah salah mengambil jalur dan segera berhenti untuk kembali berusaha mengerti jalur itu benar atau salah. Mitos? mungkin...

Burung Petunjuk Jalan Pendakian Lawu
Jalak Gading Lawu
Tetapi telah banyak pendaki Lawu, termasuk warga Belantara Indonesia yang menjadi saksi serta mengalami, setiap pendakian ke Gunung Lawu , selalu dan sering mendengar suara dan lintasan burung Jalak Gading disana, entah jika tak mendengar mungkin si burung sedang tidur pulas di kandangnya atau sedang dugem!...

Tetapi disana memang komunitas burung Jalak Gading berada, karena di Jalur Cemoro Kandhang tak kita temui burung tersebut, tetapi Warung di lereng Lawu dan burung Elang Jawa akan mudah kita temukan. Tapi jangan berharap akan menemukan warung baju atau warung makan padang di sana ya...

Yap, Jalak Gading adalah petunjuk menuju arah puncak Lawu dari jalur Cemoro Sewu, dan jika sahabat semua nantinya menemui burung tadi di sana, janganlah di ganggu atau bahkan di tangkap, biarlah dia di habitatnya, karena tak merugikan kita, bahkan kita akan bisa melupakan lelah sampai puncak melihat Jalak Gading bercanda di alam dengan kicauannya.

Yang paling di sarankan jangan di lakukan adalah membandingkan bentuk burung Jalak gading dengan burung rekan pendakian rekan semua atau burung milik sendiri!

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×