Tips Pendakian Gunung Rinjani

Rinjani, gunung tinggi yang berada di kawasan Nusa Tenggara Barat merupakan gunung yang elok dengan di bumbui suasana hutan yang alami dan terjaga termasuk para mahluk penghuninya, yakni hewan liar yang sangat terjaga juga. Rinjani adalah gunung tertinggi ketiga di Indonesia setelah Cartenz Pyramid di Papua dan Kerinci di Sumatera.

Bagi yang ingin menuju kesana ada berbagai tips yang di buat agar selamat dan nyaman dalam pendakian. Tentu ini di khususkan bagi sahabat alam yang konsisten dalam kegiatan dan tak akan merusak alam. Silahkan cukupi dulu perbekalan dan tips nya agar bisa puas menikmati Rinjani yang eksotis.

www.belantaraindonesia.org

Peralatan: 
Bawalah krim pelindung sinar matahari, atau bawa kacamata hitam, pelembab kulit dan topi. Jangan lupa membawa alat untuk penyemprot badan seperti balsem untuk menghindari kram tubuh karena Rinjani adalah gunung tinggi dan memerlukan stamina yang prima. Bawalah obat penolak serangga yang bisa didapatkan di apotik - apotik bukan di bengkel kendaraan.

Handuk kecil dan 3 - 4 pakaian ganti juga wajib di sertakan. Termasuk celana pendek agar bia sedikit mengurangi panas dan keringat, jaket tebal pelindung dari dingin dan kayu berupa tongkat guna menyangga tubuh. Bawalah barang selama pendakian yang berupa barang perbekalan yang diperlukan saja, jika ada barang yang tak di gunakan nanti di Rinjani, bisa di titipkan di Pos Senaru. 

Himbauan Untuk Peduli Lingkungan
Petunjuk dibawah ini akan membantu mengurangi pengaruh kunjungan anda terhadap lingkungan alam dan juga terhadap para pengunjung. Bantulah untuk tetap menjaga kebersihan taman buat para pengunjung yang akan dating. Buanglah sampah pada tempatnya: sampah dan kotoran tidak enak untuk dilhat karena akan membahayakan kehidupan liar dan bahkan lebih besar lagi.

Rencanakan perjalanan anda untuk mengurangi sampah dengan tidak membawa botol maupun kaleng sisa minuman. Taman Nasional Gunung Rinjani punya kebijakan ambil dan buang sampah jadi pastikan diri anda untuk membawa bungkusan sisa sampah anda.

Patuhilah Jejak atau Petunjuk Jalan:
Dengan mematuhi jejak tersebut agar anda tidak menginjak semak belukar serta mengurangi resiko tersesat di hutan.  

Saat berkemah 
Pada saat berkemah, jangan tinggalkan bekas kunjungan anda, jagalah kebersihan aliran sungai dan danau, auhilah pemborosan air bersih dari sumbernya dengan mengambil air dalam botol / kaleng, sabun dan deterjen sangat berbahaya terhadap mahluk hidup yang tinggal di aliran sungai.

Tanamlah pembuangan tissue toilet: khusus di daerah - daerah tanpa fasilitas toilet, jadi buanglah sisa toilet anda kedalam lubang yang dalam yang jauh dari saluran air, jejak / rambu, tempat camp, dan gubuk. Hati - hatilah dengan api. Kompor minyak bawaan tidak begitu berbahaya terhadap lingkungan dan lebih efisien dari api. Tapi jika anda terpaksa harus memakai api, pastikan nyalanya kecil dan pastikan kembali api sudah harus dimatikan sebelum anda meninggalkan dan menyiramnya dengan air dan periksa lagi sisa abu apinya.

Hargai Warisan Budaya dan Alam
Membantu melindungi pentingmya nilai - nilai spiritual dan sejarah gunung rinjani dengan menghormati kebudayaan setempat. Melindungi kehidupan liar dan tumbuhan Taman Nasional Rinjani dengan tidak mengambil segala sesuatu yang bukan menjadi hak milik. Berjalanlah pelan - pelan dalam melewati hutan dan anda tidak boleh menggangu kehidupan liar karena itu adalah warisan untuk anak cucu kita kelak yang bisa di lihat nyata bukan hanya dari gambar.

Nikmati Kunjungan Anda 
Nikmati kunjungan anda dan pastikan sebelum meninggalkan tempat, lihatlah kebelakang sebentar , akankah pengunjung selanjutnya tahu kalau anda sudah kemari? Tips - Tips yang berguna lainnya :

1. Periksa kartu penunjuk jalan anda, pastikan kalau dia masih punya kartu penunjuk jalan yang masih berlaku. Jangan sekali - kali pergi mendaki dengan penunjuk jalan yang tidak punya kartu.

2. Periksa perlengkapan seperti tenda, tempat / tas tidur, matras. Bila sewaktu - waktu terjadi cuaca tak terduga, pastikan tendanya kedap air / tahan air. Sebagian besar para koordinir pendakian biasanya memakai tenda lama dan dasar. Kasih biaya tambahan guna kenyamanan perjalanan anda. Pesanlah pendakian melalui tim pelaksana pendakian, pastikan kalau anda dilengkapi dengan peralatan yang memadai

3. Rinjani punya tempat - tempat perlindungan di setiap pos. beberapa diantaranya dilengkapi toilet tapi tidak sebagus yang anda bayangkan. Toilet tenda sangat berguna bila bertenda di tempat udara terbuka.

4. Bantulah untuk tetap menjaga kebersihan alam dan lingkungan .Pendakian di Rinjani lebih dari sekedar mengunjungi areal, jejak pendakian sangat terjal dan berbahaya tapi pemandangan dan panorama sangat indah untuk dijelajahi.

5. Pada saat pemesanan paket pendakian , periksalah dengan seksama dengan agensi anda apa yang termasuk dan tidak termasuk dalam paket tersebut sebut saja kualitas pelayanan dan fasilitas yang disediakan karena fasilitas yang tersedia di taman nasional rinjani tidak selalu sama dengan fasilitas yang anda temukan di Negara - negara maju.

6. Pastikan anda masih punya persediaan air yang cukup, pastikan juga diri anda selalu fit sebelum dan sesudah pendakian .

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×