Merapi Animal Rescue

Merapi saat bergejolak, banyak yang harus sibuk kesana kemari untuk menyelamatkan diri dan sibuk melakukan penyelamatan bagi banyak orang. Semua menjadi relawan karena panggilan hati yang ikhlas dan terpuji. Di antara riuh rendahnya para relawan, ternyata masih ada sekelompok orang yang peduli pada nasib satwa - satwa yang hidup atau tinggal di lereng Merapi. Jakarta Animal Aid Network men share status di kalangan Facebookers di dunia maya. Berikut penggalan status tersebut:

" Tim kami di Jogja sangat membutuhkan donasi anda untuk membantu satwa - satwa terlantar di wilayah yang terkena bencana. Kami membutuhkan dukungan keuangan untuk mengcover makan, obat-obatan, dan keperluan satwa lain nya "

Jaringan ini memang telah diakui memiliki komitmen yang luar biasa dalam melindungi dan merawat satwa terlantar. Jadi, sebenarnya bukanlah kejutan jika pada saat bencana, mereka juga aktif sebagai relawan untuk membantu para korban, yang dalam hal ini korbannya tentu saja adalah satwa. Mungkin tidak terpikirkan oleh kita, bahwa tidak hanya manusia yang menderita akibat letusan Merapi, tapi juga para satwa!


Mereka tergabung dalam tim gabungan Merapi Animal Rescue bersama dengan Centre For OrangUtan Protection ( COP ) dan Animal Friend Jogja ( AFJ ). Tim gabungan ini, bahkan telah berada di lokasi sejak Merapi meletus pertama kali, 26 oktober 2010, untuk misi penyelamatan sekaligus evakuasi satwa - satwa yang berada di lokasi bencana. Setiap hari tim memberi pakan untuk 25-35 sapi baik yang masih berada di wilayah bencana maupun di tempat penampungan, yang jumlahnya hampir mencapai ratusan ekor, demikian pula untuk ayam - ayam, 20 ekor anjing, 20-an ekor kucing dan ratusan ( 3 kelompok ) monyet ekor panjang yang berada di lokasi wisata Kaliurang, Tlogo Putri. Ada sekitar 8 ekor anjing, 2 ekor anjing, 1 ekor burung elang yang telah berhasil dievakuasi oleh tim ini. Ada juga 3 ekor monyet ekor panjang yang ditinggal mengungsi oleh tuannya, merana tanpa makanan dan minuman, dan nyawanya terancam wedhus gembel yang dapat berhembus kapan saja.

"Satwa - satwa tersebut untuk sementara kami titipkan di Pusat Penyelamatan Satwa Jogja (PPSJ). Dan, untuk 8 ekor anjing serta 2 kucing, ditampung di base-camp kami di Animal Friends Jogja ( AFJ )," Benvika, atau akrab dipanggil Iben, salah satu relawan dari JAAN menjelaskan.



Bekerja cerdas, semangat dan selalu waspada, adalah prinsip yang diterapkan oleh tim gabungan ini. Tim ini, telah melakukan perjuangan yang tidak main - main. Mereka bekerja setiap hari, tanpa libur, dibantu oleh 22 orang relawan. Tim ini tidak hanya menyelamatkan hewan peliharaan masyarakat, tapi juga satwa - satwa liar di lokasi bencana. AFJ juga menjelaskan bahwa ada begitu banyak sapi yang mengalami luka bakar sangat parah di lereng Merapi, yang tidak bisa berjalan lagi. Sapi yang masih bisa berjalan segera diungsikan oleh tim evakuasi satwa ke daerah yang lebih aman, untuk segera diberi perawatan medis. Sedangkan ratusan sapi yang telah mati, harus segera dikubur untuk mencegah penyebaran penyakit, juga kontaminasi dengan hewan liar dan manusia. Dibantu para relawan, tim ini mengubur sapi – sapi tersebut.

Menyelamatkan satwa di lokasi bencana seperti yang dilakukan oleh teman-teman dari JAAN, COP, dan AFJ  pastinya bukan perjuangan yang mudah. Kegiatan ini sama beresikonya dengan perjuangan para relawan yang mengevakuasi korban bencana ( manusia ) di garis depan. Mereka terancam oleh serangan awan panas yang dapat meluncur setiap saat, setiap waktu. Malah, dibutuhkan tambahan tekad dan niat yang tulus untuk menjalankan misi ini, karena yang ditolong ada satwa ( yang mungkin bagi sebagian orang, tidaklah cukup penting untuk diselamatkan ).





"Saat ini kami sangat kesulitan untuk masuk ke lokasi bencana. Kami juga sangat memahami kondisi pasca letusan. Begitu banyak jatuh korban dari manusia, sehingga kami menduga di beberapa wilayah yang kami maksud, juga terdapat banyak korban dari sisi satwa. Semoga hari esok akan lebih baik, sehingga kami bisa menyelamatkan lebih banyak lagi satwa," ungkap Iben pantang menyerah.

Selamat berjuang para pahlawan satwa.. Tetaplah bekerja cerdas, semangat, dan selalu waspada. Karena tanpa kalian, mungkin tidak ada yang terpikir akan nasib para satwa itu  yang juga adalah makhluk Tuhan di tengah letusan Merapi...

 Sahabat semua tentunya dapat menjadi bagian dalam penyelamatan satwa di Merapi. Jika tertarik, silahkan menghubungi:

Informasi program save animals from merapi disaster:

~ Benvika, JAAN: 081310021616

~ Daniek, COP: 081328837434

~ Ina, AFJ: 081903715656

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×