Obyek Wisata Sepanjang Jalur Semeru

Semeru, gunung tertinggi di pulau Jawa. Dengan puncak Mahamerunya yang terkenal. Memang, sebuah kebanggaan bagi pendaki bila telah mencapai puncak Semeru yang terkenal dengan nama yang penuh mistis dan gagah, Jonggring Saloka .

Dan karena Semeru gunung yang tinggi, maka dari puncaknya kita dapat menikmati pesona alam pemandangan, yaitu:

* Sebelah barat tampak kota Malang;
* Sebelah utara tampak Gunung Kepolo dan Pegunungan Tengger;
* Sebelah selatan tampak garis pantai selatan;
* Sebelah timur tampak Gunung Argopuro.

Beberapa obyek disepanjang rute menuju Gunung Semeru yang biasa dilalui pendaki adalah:

* Ranu Kumbolo

Obyek Wisata Sepanjang Jalur Semeru

Ranu Kumbolo terletak pada ketinggian 2390 M dpl antara Ranu Pane dan Gunung Semeru. Secara historis geologis,

Ranu Kumbolo terbentuk dari massive kawah Gunung Jambangan yang telah memadat sehingga air yang tertampung secara otomatis tidak mengalir ke bawah secara gravitasi.

Ranu Kumbolo hingga saat ini merupakan potensi obyek wisata yang menarik. Daya tariknya antara lain bahwa pada lapangan yang relatif tinggi dari permukaan laut terdapat danau / telaga dengan airnya yang jernih sehingga banyak menarik wisatawan untuk mengunjungi tempat ini.

Bagi para pendaki, Ranu Kumbolo, merupakan tempat pemberhentian / istirahat sambil mempersiapkan perjalanan berikutnya.

Daya tariknya, di pinggir sebelah barat danau terdapat prasasti peninggalan purbakala. Diduga prasasti ini merupakan peninggalan jaman kejayaan Kerajaan Majapahit, namun hingga saat ini belum diperoleh kepastian.

Khusus di perairan danau, kita dapat menyaksikan kehidupan satwa migran burung belibis. Bagi para pengamat lingkungan, Ranu Kumbolo sebetulnya merupakan laboratorium alam yang cocok bagi kegiatan penelitian dan observasi lapangan yang sarat dengan kandungan ilmu pengetahuan.

Fasilitas yang ada di Ranu Kumbolo yaitu Pondok Pendaki ( 70 M2 ) dan MCK yang dimanfaatkan para pendaki untuk beristirahat, disamping terdapatnya lapangan yang relatif datar untuk sarana berkemah. Kebutuhan air dapat terpenuhi dari air danau.

* Kalimati

Obyek Wisata Sepanjang Jalur Semeru

Kalimati merupakan tempat berkemah terakhir bagi para pendaki sebelum melanjutkan perjalanannya menuju puncak Mahameru.

Tempat ini biasa digunakan beristirahat dikarenakan terdapat sumber air ( Sumber Mani ) yang berjarak sekitar 500 Km dari Kalimati.

Disamping terdapat tanah lapang yang relatif datar juga sudah dibangun fasilitas Pondok Pendaki dan MCK. Suhu udara di Kalimati relatif dingin jika dibanding tempat lainnya, dikarenakan daerah kalimati merupakan lembah dari beberapa bukit / gunung - gunung di sekitarnya.

* Arcopodo

Obyek Wisata Sepanjang Jalur Semeru

Arcopodo / Recopodo terletak pada pertengahan Kalimati dan Gunung Semeru. Di tempat ini terdapat dua buah arca kembar yang dalam bahasa Jawa dinamakan arco podo / reco podo.

Disamping itu juga terdapat beberapa monumen korban meninggal atau hilang pada saat pendakian Gunung Semeru.

Tempat ini sering pula dimanfaatkan pendaki untuk beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanannya ke puncak Mahameru.

Obyek Wisata Sepanjang Jalur Semeru

* Padang Rumput Jambangan


Obyek Wisata Sepanjang Jalur Semeru

Daerah padang rumput ini terletak di atas 3200 Mdpl, merupakan padang rumput yang diselang - selingi tumbuhan cemara, mentigi dan bunga Edelweis.

Topografi relatif datar pada jalur pendakian ini, beberapa tempat yang teduh menampakkan sebagai tempat istirahat yang ideal untuk menikmati udara yang sejuk.

Dari tempat ini terlihat Gunung Semeru secara jelas menjulang tinggi dengan kepulan asap menjulang ke angkasa serta guratan / alur lahar pada seluruh tebing puncak yang mengelilingi berwarna perak.

Di tempat ini para pendaki maupun fotografer sering mengadakan atraksi keunikan dan gejala alam gunung api yang selalu mengeluarkan asap dan debu, merupakan suatu panorama alam yang menakjubkan.

Oro - Oro Ombo

Obyek Wisata Sepanjang Jalur Semeru

Daerah ini merupakan padang rumput yang luasnya sekitar 100 ha berada pada sebuah lembah yang dikelilingi bukit - bukit gundul dengan type ekosistem asli tumbuhan rumput.

Lokasinya berada di bagian atas tebing yang bersatu mengelilingi Ranu Kumbolo. Padang rumput ini mirip sebuah mangkok berisikan hamparan rumput yang berwarna kekuning - kuningan, kadang - kadang pada beberapa tempat terendam air hujan.

* Cemoro Kandang

Obyek Wisata Sepanjang Jalur Semeru

Kelompok hutan cemorokandang termasuk gugusan Gunung Kepolo ( 3.095 m ), terletak di sebelah selatan dari padang rumput Oro - Oro Ombo. Merupakan hutan yang didominasi pohon cemara ( Casuarina junghuniana ) dan paku - pakuan.

* Pangonan Cilik

Obyek Wisata Sepanjang Jalur Semeru

Pangonan cilik merupakan kawasan padang rumput yang terletak di lembah Gunung Ayek - Ayek yang letaknya tidak jauh dari Ranu Kumbolo.

Asal usul nama tersebut oleh masyarakat setempat dikarenakan kawasan ini mirip padang penggembalaan ternak ( pangonan ).

Daya tarik dari kawasan ini adalah merupakan lapangan yang relatif datar di tengah - tengah kawasan yang di sekitarnya dengan konfigurasi berbukit - bukit gundul yang bercirikan rumput sebagai type ekosistem asli, sehingga memberikan daya tarik tersendiri untuk dikunjungi.

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×