Hypothermia Bisa Membunuhmu!

Hypothermia terdiri dari kata hypo yang berarti rendah, dan thermia yang berarti panas. Kemudian di artikan, hypothermia adalah panas yang rendah. Hypothermia bisa membunuh kita, dan kita bisa meninggal dalam suhu dingin maupun panas, baik di daratan maupun di perairan. Dan intinya, hypothermia membunuh orang yang tak siap dalam kondisi dingin. Jika kita tak siap menghadapi kondisi dingin, jantung kita akan berhenti.

www.belantaraindonesia.org

PENYEBAB HYPOTHERMIA

Sebagian besar hypothermia terjadi pada suhu antara -1° C sampai 10° C! Sebagian orang tidak berpikir bahwa pada suhu -1° C sampai 10° C adalah dingin. Mereka tidak mengenakan baju penghangat. Orang tidak berusaha untuk menghindari angin. Mereka berbasah - basah dalam hujan dan salju atau mereka terjun ke dalam sungai atau danau.

Orang - orang tidak berusaha masuk ke dalam rumah saat mereka kedinginan. Sebagian orang tidak mau mengatakan kepada teman nya bahwa mereka kedinginan. Sebagian orang berkata baik - baik saja padahal kenyataannya tidak. Kadang mereka tidak tahu kalau mereka mempunyai masalah.

MENGHILANGNYA PANAS TUBUH

Tubuh kita kehilangan panas saat di luar. Tubuh kita kehilangan panas saat kita bernafas. Kita kehilangan panas saat berkeringat. Kita kehilangan panas saat angin atau air mengurung kita. Kita kehilangan panas saat menyentuh sesuatu yang dingin. Lima bagian pada tubuh kita mengalami kehilangan panas paling banyak.

Bagian - bagian itu dikenal dengan area yang mengalami kehilangan panas paling banyak. Bagian - bagian tersebut adalah kepala, leher, ketiak, kedua sisi samping dada dan daerah lipatan paha. Setengah panas tubuh kita hilang melalui kepala, maka gunakanlah penutup kepala. Ketika kita kehilangan terlalu banyak panas tubuh, kita mengalami Hypothermia .

dalam pendakian gunung terutama, sering kita jumpai pendaki yang menenggak alkohol dengan alasan untuk menghangatkan badan, padahal alkohol menipu tubuh kita. Mungkin kita tidak berpikir bahwa kita kedinginan, mungkin kita tidak ingat bagaimana menolong diri sendiri. Jika minum alkohol, mungkin tidak menggigil.

TANDA - TANDA HYPOTHERMIA

- Mungkin tangan dan kaki kita yang pertama merasa dingin
- Kita menggigil terus - menerus
- Gerakan jadi lamban
- Tangan tidak dapat digerakkan
- Tidak dapat berpikir dengan baik. Kita mungkin tidak berpikir bahwa kita dalam bahaya, tapi kita dapat meninggal!

CEGAH HYPOTHERMIA

1. Pakailah pakaian penghangat. Gunakan wool,bulu atau polypropylene. Gunakan pakaian berlapis. Pakailah topi,kaus kaki, jaket, celana panjang, pakaian dalam yang panjang, kaos.
2. Bergabunglah dengan teman dan saling memperhatikan.
3. Usahakan tetap kering. Gunakan raincoat sebelum kita basah. Pakaian basah membuat kita makin kedinginan.
4. Makanlah makanan yang baik. Minum banyak air atau jus buah. Jangan minum alkohol dan jangan makan salju.
5. Istirahat saat lelah.
6. Jika dekat air, gunakan PFD ( personal flotation device ), seperti rompi pelampung, jaket pelampung, pakaian survival, coverralls.

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×