Peralatan Tidur Di Alam Bebas

Tidur bagi penggiat alam bebas merupakan kebutuhan yang sangat penting, guna mengembalikan kembali stamina selama melakukan kegiatan seperti pendakian gunung ataupun hiking. Dan juga berguna dan dirasa penting bagi para penggemar tidur! Akan tetapi sering muncul kendala saat kita hendak melakukan kegiatan manusiawi, tidur. Biasanya yang paling pasti adalah suhu yang terlampau dingin. Untuk itu maka sangat penting menyediakan peralatan tidur di alam bebas, yakni:

a. Satu set pakaian khusus tidur ( baju, celana, sweater wool / polar ).
b. Kaos kaki, sarung tangan, dan kupluk / balaclava.
c. Kantung tidur( Sleeping Bag ).
d. Matras.
e. Tenda/ponco / fly sheet / hammock
f. Bantal guling dan boneka! ( bagi yang suka! )
g. Pempers ( bagi yang gemar NGOMPOL! )


PERALATAN PENUNJANG

Senter
Berguna untuk penerangan apabila ada aktivitas dimalam hari. Pilihlah senter yang ringan, mudah digunakan, mudah perawatan, dan irit battry. Selain senter jangan lupa membawa battry dan bohlam cadangannya. Lilin juga perlu dibawa, untuk digunakan saat beristirahat dimalam hari.
Golok Tebas
Berguna untuk menyingkirkan rintangan yang dihadapi saat perjalanan dengan prinsip tidak merusak alam. Yang harus diperhatikan yaitu : tajam, kuat, pegangan / gagang tidak mudah lepas, ringan, harus ada sarungnya, bukan sarung ayah, tetapi sarung golok!


Tehnik Packing
Packing adalah menyusun, memasukkan semua perlengkapan dan perbekalan yang akan dibawa dalam suatu perjalanan kedalam ransel / carrier.

Prinsip dalam tehnik packing, yaitu :
1. Masukkan semua perlengkapan dan perbekalan kedalam kantong plastik agar terhindar dari basah akibat hujan atau embun. Kelompokkan barang - barang tersebut berdasar fungsinya, dan diberi tanda agar memudahkan pencarian.
2. Letakkan barang - barang yang lebih berat dibagian atas mendekati pundak, bagi rata beban kiri – kanan agar seimbang.
3. Letakkan barang - barang yang dibutuhkan ( urgent atau penting ) dalam perjalanan di tempat yang mudah diambil dengan cepat.
4. Usahakan tidak ada perlengkapan diluar ransel / carrier, manfaatkan ruangan didalam ransel se - efisien mungkin.

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×