Ranu Gumbolo Semeru Yang Menawan

Ranu Gumbolo adalah nama suatu pos di Gunung Semeru di wilayah Jawa Timur. Bila anda mendaki Semeru, lebih baik tak melewatkan waktu untuk beristirahat dan membuka tenda guna menginap barang semalam atau dua malam disana. Yang pasti tak akan sama sekali mengecewakan anda pecinta alam. Ranu Gumbolo Semeru memang menawan tak terlukiskan dengan sekedar kata dan tulisan.

Ranu Gumbolo atau ada juga yang menyebut dengan nama Ranu Kumbolo adalah dimana terletak sebuah danau yang menghampar luas memanjakan mata pendaki Semeru. Ranu Gumbolo berada pada ketinggian 2.400 mdpl di lereng Semeru, yang merupakan salah satu dari berbagai obyek wisata di sepanjang jalur Semeru . Untuk mencapai danau yang amat indah ini, anda akan melalui desa Ranu Pane ( 2.100 mdpl ) yang merupakan desa terakhir dan tempat pemeriksaan serta pos untuk melapor bagi para pendaki.

Ranu Gumbolo Semeru

Dari desa Ranu Pane menuju danau Ranu Gumbolo melalui jalan setapak yang jaraknya kira - kira 13 km serta memakan waktu perjalanan sekitar 3 - 4 jam. Di Ranu Gumbolo dapat mendirikan tenda. Juga terdapat pondok pendaki ( shelter ). Terdapat danau dengan air yang bersih dan memiliki pemandangan indah terutama di pagi hari dapat menyaksikan matahari terbit disela - sela bukit. Banyak terdapat ikan, kadang burung belibis liar.

Luar biasa sekali pemandangan di daerah ini, dengan ketinggian 2.400 meter dari permukaan laut, Ranu Gumbolo memiliki pemandangan yang sangat indah terutama di pagi hari saat matahari baru terbit ataupun sore hari saat matahari terbenam. Siap - siap untuk membawa jaket tebal bila tertarik untuk bermalam disini, karena suhunya dingin sekali.

Ranu Gumbolo

Gunung Semeru, yang puncaknya terkenal dengan nama puncak Mahameru dan memiliki kawah yang menganga lebar dengan nama Jonggring Saloka , selama ini gunung tersebut mungkin hanya dikenal sebagai areal pendakian. Padahal di sisi lain, panorama sepanjang jalan menuju gunung itu menyimpan banyak keindahan. Antara lain, Ranu Gumbolo tersebut yang sering dirindukan para penggiat alam bebas dan pendaki Semeru.

Di Ranu Gumbolo selain kita bisa membuka tenda untuk bersantai dan beristirahat, bila membawa alat pancing kita bisa memancing ikan - ikan yang terdapat di danau selain juga kita bisa menikmati keindahan alam milik Tuhan. Jangan lewatkan paling tidak semalam di Ranu Gumbolo. Setelah itu kita bisa meneruskan pendakian menuju puncak Semeru dan akan di suguhi hamparan pemandangan alam yang luar biasa indah di Oro - oro Ombo setelah kita melalui jalur Tanjakan Cinta yang melegenda di Semeru .

Oro - Oro Ombo Semeru

Sekali lagi bagi yang belum pernah hadir di Semeru, lebih baik luangkan waktu menuju kesana bagi anda yang katanya pecinta alam dan pendaki gunung. Karena ada idiom yang berkembang di kalangan pendaki, serasa belum sempurna sebagai pendaki gunung, bila belum pernah merambah tingginya Semeru.

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×