Lokasi Wisata Di Batam

Lokasi wisata di Batam, sebuah lokasi wisata alternatif bagi anda yang ingin menghabiskan waktu liburan bersama kawan maupun keluarga. Bila bicara tentang Batam, sekilas dalam pikiran kita adalah suatu hal yang mahal. Tetapi semua bisa kita realisasikan selama kita mau dan niat guna mengunjungi sekaligus mengenal kekayaan alam dan wisata Indonesia. Sekali lagi, disarankan menggunakan metode travelling ala Backpacker agar sedikit bisa menghemat biaya.

Pulau Batam di huni pertama kali oleh orang Melayu dan pulau yang pernah menjadi medan perjuangan Laksamana Hang Nadim dalam melawan penjajah ini merupakan kawasan perdagangan bebas ( FTZ = Free Trade Zone ).


Batam mempunyai ikon “ Jembatan Barelang “ ( singkatan dari BAtam, REmpang, dan gaLANG ) adalah jembatan yg menghubungkan pulau - pulau yaitu Pulau Batam, Pulau Tonton, Pulau Nipah, Pulau Rempang, Pulau Galang dan Pulau Galang Baru. Oleh masyarakat Batam, jembatan ini tidak difungsikan untuk menghubungkan beberapa pulau saja. Namun jembatan yg terletak sekitar 20 km dari pusat Kota Batam ini juga digunakan untuk bersantai dan melepas lelah. Banyak orang duduk santai sambil menikmati pemandangan laut dari atas jembatan atau memancing ikan. Jembatan ini juga turut menarik perhatian para wisatawan dari luar Batam, karena bentuknya yang megah, menyerupai Golden Gate, yang ada di San Fransisco, Amerika Serikat.

Wisata Sejarah
Ada obyek wisata yang sahabat alam dapat kunjungi setelah melalui jembatan Barelang, tepatnya di pulau galang. Di Pulau Galang terdapat Kamp Pengungsi Vietnam. Lokasi bekas peninggalan pengungsi Vietnam di Galang, dimana terdapat kamp pengungsian, foto - foto, kuburan, kapal serta benda maupun peninggalan bersejarah lainnya.


Wisata Bahari
Bagi sahabat alam yang suka berwisata bahari, jangan kawatir karena di Batam juga terdapat pantai - pantai indah seperti :
* Pantai Nongsa
* Pantai Melur
* Pantai Melayu
* Pantai Sekilak
* Pantai Mirota
* Pantai Seranggon
* Pantai Marina City


Wisata Alam
Selain pantai, sahabat alam juga bisa berwisata ke hutan, salah satunya Hutan Mata Kucing. Sebagai hutan wisata, kawasan ini terpelihara dan tertata dengan baik. Di sepanjang jalan hutan ini diwarnai oleh bunga dan tanaman serta pohon - pohon yang rimbun, sehingga udaranya terasa sejuk. Hutan Mata Kucing juga memiliki wahana wisata seperti kolam renang, kolam ikan, taman rekreasi, outbound, jungle track, goa mata dan mini zoo.

Wisata Modern
Obyek wisata modern yang ada di batam adalah “ Mega Wisata Ocarina “ yang ditargetkan akan menjadi ikon baru dunia pariwisata Kota Batam. Ocarina juga mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia ( Muri ) karena huruf yang bertuliskan Ocarina tersebut merupakan tulisan paling besar dan bobotnya paling berat di Indonesia.


Wisata Kultural
Patung Dewi Kwan Im yang berlokasi di KTM Resort Sekupang, Batam dicatat dalam rekor Museum Rekor Indonesia ( MURI ), sebagai patung Dewi Kwan Im tertinggi di Indonesia. Patung dengan tinggi 22.37 meter dan berat 112 ton ini, tingginya melebihi patung Dewi Kwan Im yang telah ada sebelumnya di Pematang Siantar, Sumatera Utara setinggi 19,8 meter.


Wisata Kuliner
Sebagai wisatawan yang berkunjung ke Batam biasanya mencari tempat Wisata Kuliner Batam yang kebanyakan di pengaruhi oleh selera Melayu. Berikut ini beberapa hidangan yang menjadi makanan khas Batam dan sulit di jumpai di kota lain.

Siput Gongong
• Sup Ikan Batam
• Mie Lendir

Wisata Belanja
Bagi sahabat alam yang suka berbelanja, Nagoya Super Blok adalah pilihan yang tepat. Tempat ini memang dikenal sebagai tempat yang dapat memuaskan hasrat berbelanja Di tempat ini, anda akan menjumpai berbagai gerai mulai dari fashion, elektronik, dan keperluan rumah tangga yang ditawarkan dengan harga kompetitif. Selain itu, juga terdapat jajaran rumah makan, kedai, dan kafe, juga tempat hiburan malam.


Semoga info dari saya bermanfaat bagi sahabat Belantara Indonesia yang akan berkunjung ke Batam.
Matur Suwun

Sumber tulisan dari Pangga Ab salah satu Para Sherpa Belantara Indonesia yang saat ini sedang berdomisili di Batam



ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×