Pendaki Berkaki Satu Gapai Elbrus

Pendaki berkaki satu gapai Elbrus, itulah pendaki Indonesia yang juga penyandang tuna daksa yang bernama Sabar yang tepat pada HUT RI ke 66 menggapai puncak Elbrus di Rusia yang juga gunung tertinggi di Eropa. Pencapaian yang hebat, dan bisa dijadikan contoh, bahwa tidak ada halangan yang berarti selama kita mau. Contohnya, Pak Sabar ini.

Sabar menuju kota terakhir sebelum pendakian, Pyatigorsk pada Kamis 11 Agustus 2011. Tiba di camp petama yaitu Emanuel Glade pada Sabtu 13 Agustus 2011. Dalam beberapa hari, ia melakukan aklimatisasi. Tepat pada 17 Agustus sore hari, ia berhasil menancapkan bendera merah putih di puncak Elbrus yang bersalju. Dari empat anggota tim Ekspedisi Merdeka - RMOL, hanya Sabar dan Budi Cahyo yang mencapai puncak tertinggi di Eropa. Beberapa saat setelah itu, Presiden RI pun menelepon Sabar untuk mengucapkan selamat.


Kini Sabar sudah setara dengan pendaki legendaris Elbrus lainnya. Tidak kalah dengan dua pendaki yang berkaki lumpuh, Vladimir Krupennikov ( 1997 ) dan Yakov London dari Rusia ( 2001 ) ataupun si buta Erik Weihenmayer dari Amerika Serikat ( 2002 ). Bahkan, disinyalir banyak kalangan, Sabar adalah tuna daksa berkaki satu pertama di dunia yang telah mencapai Elbrus.

Untuk mengenang kegigihannya, beberapa teman di Moskwa mengusulkan agar nama Gorky disematkan di belakang namanya. Menurut catatan sejarah Rusia, karena perjalanan hidupnya yang berliku, maka pujangga Alexey Maximovich Peshkov mendapatkan panggilan baru Maxim Gorky, alias Maxim si empunya hidup pahit.

Nama akhir gorky yang berarti pahit, awalnya merupakan olok - olokan bagi si Maxim. Namun kini justru menjadi sebuah julukan bernilai positif. Indonesia pun telah memiliki Gorky yang lain, yaitu Sabar Gorky.

Sesampainya di puncak, Sabar dan pendaki lain saling berpelukan, terharu dan gembira. Dalam rekanan video, terlihat Sabar sempat menunaikan shalat dua rakaat sebagai bentuk rasa syukur atas pendakiannya yang berhasil.





Sesampai Sabar di KBRI Moskwa, ia disambut oleh warga negara Indonesia yang berada di Rusia. KBRI mengadakan acara syukuran untuk Sabar. Sebuah kue tart sudah disiapkan. Kue tart bergambar bendera merah putih itu sempat disimpan di kulkas wisma Dubes Moskwa sejak hari peringatan kemerdekaan. Tidak boleh seorang pun menyentuhnya. Kue tart baru muncul saat Sabar datang ke KBRI pada Sabtu 20 Agustus 2011, usai Sabar kembali dari pendakian Elbrus. Wajahnya yang setengah legam akibat kedinginan di puncak gunung tiba - tiba menjadi sumringah.


Di hadapan lebih dari 80 orang WNI yang akan melaksanakan shalat tarawih, Dubes Hamid Awaludin bersama Sabar memotong kue. Sebelumnya, Sabar menceritakan pengalamannya saat tertatih - tatih dengan crampon buatannya menuju puncak Elbrus. Dalam acara syukuran tersebut juga ditayangkan rekaman perjalanan Sabar. Tampak di tayangan, Sabar beberapa kali terjatuh sebelum mencapai puncak.

"Kue berlambang merah putih ini memang kita siapkan untuk pendaki kita yang luar biasa. Alhamdulillah, Pak Sabar berhasil. Karenanya saya minta semua berdoa untuk keberhasilan dirinya dan juga tim lain yang mendampingi," ujar Hamid sambil menyampaikan surat penghargaan.

Apresiasi yang diberikan Dubes itu juga berkaitan dengan keberhasilan Sabar menjadi orang pertama tuna daksa berkaki satu yang menggapai Elbrus. Tak tanggung - tanggung, Sabar mendaki dari sisi utara yang dikenal sangat sulit.

Dubes juga berpesan agar semangat luar biasa yang dimiliki oleh Sabar dapat menular ke masyarakat Indonesia. Inilah contoh hidup yang pantang menyerah.


Sumber: Video: Vivanews , Foto: Google Search

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×