Ada Sosok Hebat Di Balik Pendaki Hebat

Percayakah Anda bila di balik seseorang yang sukses dan hebat pasti ada sosok hebat? Perjalanan panjang manusia dalam mengarungi hidup ini yang terkadang sulit memang membutuhkan pendamping yang mampu dan melindungi dari segala bahaya yang bisa timbul suatu waktu.

Demikian juga dalam dunia pendakian gunung yang tingkat bahayanya tinggi dan sulit diterka.

Dalam lingkup kecil, artikel ini Belantara Indonesia persembahkan untuk satu sosok hebat di balik pendaki hebat, Arya Cahya Mulyana Sugianto, yakni Pak Agus Sugianto, ayah dari Arya yang hingga saat ini terus mendampingi Arya mendaki gunung - gunung di Indonesia yang sudah berjumlah 26 gunung termasuk Ekspedisi 10 gunungnya.

Ada Sosok Hebat Di Balik Pendaki Hebat

Dalam segala hal urusan kesenangan Arya mendaki gunung, Agus Sugianto yang selalu di depan untuk memenuhi semua yang Arya inginkan.

Dari mulai biaya, logistik, peralatan, penyemangat, menghibur kala Arya sedih dan hampir putus asa, dan juga penyelamat. Itulah sosok hebat di balik Arya Cahya Mulyana, pendaki cilik milik Indonesia.

Saat Arya menyusuri lereng gunung dengan semangat khas anak usia 8 tahun, ayahnya dengan setia mendampinginya dan tetap menjaganya dari hal buruk apapun.


Bahkan saat turun dari puncak Merapi menuju Pasar Bubrah saat batu dari atas meluncur deras hampir mengenai Arya, Pak Agus Sugianto hanya bisa mengucap: "Lebih baik aku yang terhantam batu itu daripada Arya.."

Ada Sosok Hebat Di Balik Pendaki Hebat

Selama ini Pak Agus yang bisa membuat Arya di kenal di kalangan pendaki gunung Indonesia. Prestasi Arya hingga bisa mengetuk pemerintah, jurnalis, media nasional maupun asing, media televisi, dan organisasi independen lainnya adalah hasil kerja keras Pak Agus Sugianto, sosok ayah dan sosok kawan hebat bagi Arya Cahya Mulyana.

Ada Sosok Hebat Di Balik Pendaki Hebat

Hingga tiba saatnya puncak gunung menjelang tergapai, Pak Agus Sugianto membiarkan Arya berada paling depan hingga puncak, dan mengesankan,

Arya pemuncak pertama. Ini juga yang dilakukan Tenzing Norgay saat memandu Sir Edmund Hillary mendaki Everest. Dan berikut ini kutipan wawancaranya Tenzing Norgay dengan seorang reporter media massa:

Reporter : Bagaimana perasaan Anda dengan keberhasilan menggapai puncak gunung tertinggi di dunia? Tenzing Norgay : Sangat senang sekali
Reporter : Andakan seorang Sherpa ( pemandu ) bagi Edmund Hillary, tentunya posisi anda berada di depan dia, bukankah seharusnya anda yang menjadi orang pertama yang menjejakkan kaki di puncak Mount Everest ?
Tenzing Norgay : Ya, benar sekali, pada saat tinggal satu langkah mencapai puncak, saya persilahkan dia ( Edmund Hillary ) untuk menjejakkan kakinya dan menjadi orang pertama di dunia yang berhasil menggapai Puncak Gunung Tertinggi di dunia….
Reporter : Mengapa Anda lakukan itu???
Tenzing Norgay : Karena itulah IMPIAN Edmund Hillary , bukan impian saya…..Impian saya hanyalah berhasil membantu dan mengantarkan dia meraih IMPIAN - nya.

Ada Sosok Hebat Di Balik Pendaki Hebat

Seperti itu juga kira - kira yang Pak Agus lakukan untuk anak tercintanya, Arya Cahya Mulyana Sugianto.

Orang hebat tak selalu tampil di depan agar dikenal, tetapi berusaha mewujudkan apa yang di dukungnya agar sukses.

Ada Sosok Hebat Di Balik Pendaki Hebat

Dedikasi dan penghargaan penuh untuk sosok hebat di balik suksesnya Arya, yakni Pak Agus Sugianto yang justru kadang banyak dilupakan khalayak ramai dan pendaki gunung pada khususnya. Atas nama Belantara Indonesia, kami bangga!

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×