7 Gunung Keramat Sedunia

Di dunia ini banyak gunung - gunung yang terkenal dengan keindahannya. Dibalik segala kemegahan dan keindahannya, ada sisi lain yang juga menarik untuk kita ketahui, yakni sisi mitos.

Ada sejumlah gunung di dunia yang kental dengan mitosnya sehingga di anggap keramat. Berikut ini 7 gunung keramat sedunia yang dilansir dari Matador Network.

1. Gunung Agung, Karangasem Bali, Indonesia
Indonesia adalah negara yang memiliki banyak gunung keramat, seperti Gunung Agung di Bali. Gunung Agung terletak di Karangasem, di timur Bali, sejam dari kota budaya Bali, Ubud. Gunung Agung begitu keramat bagi umat Hindu di Indonesia.

 7 Gunung Keramat Sedunia

Buktinya, terdapat Pura Agung Besakih, kuil terbesar di Bali yang terletak di kaki Gunung Agung. Dalam beberapa perayaan Hindu ,banyak penganut religius yang mendaki hingga ke puncak Gunung Agung yang memiliki ketinggian 3.142 meter dari permukaan laut.

2. Gunung Kailash, Tarbuche, Tibet
Gunung Kailash merupakan satu - satunya gunung keramat dari lima agama, Ayyavazhi, Bon, Buddha, Hindu, dan Jainism.

Terletak dekat dari sungai terpanjang di Asia yang bernama Indus, Sutlej, Brahmaputra, dan Karnali. Umat Hindu percaya kalau Gunung Kailash merupakan rumah dari Dewa Shiva dan juga kreasi dari kehidupan abadi.

 7 Gunung Keramat Sedunia

Setiap tahun, orang - orang di sekitarnya melakukan ritual Kora mengelilingi Gunung Kailash. Faktanya, menginjakkan kaki di Kailash merupakan tindakan yang melanggar kesucian.

Untuk mencapai puncaknya tidak mudah, memerlukan banyak izin dan hiking perlahan yang menyiksa.

3. Adam's Peak, Ratnapura, Sri Lanka 
Terletak di tengah Sri Lanka, Adam's Peak disebut gunung keramat dalam Hindu, Buddha, dan Muslim, adapun juga sebagai tujuan ziarah untuk umat Kristiani dan Yahudi.

Umat Muslim dan Kristiani percaya kalau Adam's Peak merupakan tempat pertama jatuhnya Nabi Adam ke Bumi, Sementara umat Buddha menganggapnya sebagai tempat turunnya Sri In.

 7 Gunung Keramat Sedunia

Adam's Peak memiliki ketinggian 2.243 meter dari atas permukaan laut. Di tempat ini terdapat jejak kaki raksasa  yang dipercaya sebagai jejak kaki Buddha, Shiwa, Nabi Adam dan Santo Thomas.

Tempat ini sangat ramai saat musim ziarah pada bulan April, terutama pada malam hari yang ingin melihat sunrise dari puncaknya.


4. Uluru, Yulara, Australia
Uluru, atau biasa disebut dengan Ayers Rock, merupakan sebuah formasi batu raksasa di tengah Australia, Taman Nasional Uluru - Kata Tjuta.

Mungkin Uluru tidak bisa disebut sebagai gunung, melainkan apa yang tersisa dari gunung sebelumnya yang telah meletus.

Bagaimanapun juga, setiap pengunjung akan mengatakan kalau barisan formasi lansekap tersebut merupakan sebuah gunung.

 7 Gunung Keramat Sedunia

Uluru begitu keramat bagi suku Anangu, orang Aborigin yang tinggal di area tersebut. Uluru dapat didaki dengan menggunakan rute yang dibantu dengan tali, tetapi, mendaki Uluru sebenarnya tidak dianjurkan oleh orang Aborigin, sementara gunung keramat Kata Tjuta harus steril dari pengunjung. Adapun menikmati warna dramatik dari sunset Uluru sangat direkomendasikan oleh semua orang.

5. Gunung Sinai, Saint Catherine, Mesir
Dalam Kitab Suci, Tuhan menyerahkan 10 perintah kepada Musa di puncak Gunung Sinai, nabi yang bertanggung jawab untuk mengajarkan perintah Tuhan kepada umat Israel.

Adapun lokasi pastinya masih menjadi perdebatan hangat, banyak yang menyebut bahwa kejadian itu terjadi di Gunung Serbal, Gunung Catherine, atau Gunung Sinai sendiri.

 7 Gunung Keramat Sedunia

Gunung Sinai, Serbal dan Catherine saling berdekatan satu sama lain dan dapat didaki melalui beberapa rute hiking. Gunung Sinai dianggap keramat oleh umat Kristiani dan Muslim.

Tentunya legenda penampakan Tuhan kepada Musa tersebut sangat menarik bagi siapapun yang tertarik dengan cerita dari Kitab Suci.

6. Gunung Mauna Kea, Hawaii, AS
Memiliki ketinggian 4.205 Mdpl, Gunung Mauna Kea merupakan puncak tertinggi di Hawaii. Ada argumen yang menyebutkan kalau Mauna Kea merupakan gunung tertinggi di dunia apabila diukur dari dasar sampai puncak.

Terlepas dari hal itu, puncak Mauna Kea merupakan salah satu lokasi terbaik dunia untuk obervasi astronomi. Puncaknya dapat diakses melalui Hawaii Route 200.

 7 Gunung Keramat Sedunia

Diperkirakan kalau sejak ratusan tahun lalu, orang - orang terbiasa untuk melihat bintang dari puncak Mauna Kea. Mauna Kea sendiri memegang peranan budaya penting bagi suku asli Hawaii.

Di samping lokasi peneropongan bintang, Mauna Kea merupakan tempat untuk berdoa, penguburan, penyucian anak kecil, dan berbagai aktivitas ritual lainnya.

7. Devil's Tower, Wyoming, AS
Terletak di dataran Timur Laut Wyoming, Gunung Devil's Tower terlihat semakin membesar ketika dihampiri oleh pengunjung.

Dari dasarnya, kolom berapi membentang ke atas dan mengarah ke langit. Jika Anda ingin mendaki Devil's Tower, persiapkan alat mendaki, karena tidak ada jalan darat untuk mencapai puncaknya.

 7 Gunung Keramat Sedunia

Devil's Tower dianggap keramat oleh banyak Indian Amerika, termasuk juga Lakota Sioux, Cheyenne dan Kiowa.

Upacara biasa diadakan pada bulan Juni untuk memperingatinya, dan pada waktu itu, Devil's Tower tidak boleh didaki.  src

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×