Tips Menjadi Penjelajah Gua Sejati

Menyusuri dan menjelajahi gua adalah memaknai dan mengetahui lebih jauh bahwa gua - gua di Indonesia atau di dunia memiliki keindahan masing - masing. Dan juga ini adalah jenis petualangan yang berbeda namun tetap sarat makna, pengetahuan dan keindahan.

Tips Menjadi Penjelajah Gua Sejati

Gua juga tidak selalu identik dengan sesuatu yang kelam. Ada banyak keindahan tak terduga yang bisa anda temukan di lorong di bawah tanah tersebut.

Tidak jarang banyak sekali bentuk batu - batuan, stalagtit dan stalagmit yang begitu memukau sehingga mampu membuat anda berdecak kagum tiada habis - habisnya.

Namun jika Anda adalah seseorang yang baru memulai debut penjelajahan gua Anda harus pastikan memenuhi tips berikut ini.

1. Yang harus dimiliki oleh seorang petualang gua adalah kesehatan. Sehat dalam kamus pecinta gua sejati ini adalah mampu berjalan cepat mengelilingi lapangan sepak bola tanpa berhenti sebanyak 2 kali.

Jika Anda mencoba menguji diri Anda dan mampu melakukan hal ini dengan baik, maka Anda layak untuk menjelajahi gua impian Anda karena tubuh Anda benar - benar dalam kondisi prima.

2.  Pastikan Anda memiliki pakaian yang sesuai untuk kegiatan baru Anda ini. Pakaian yang paling tepat adalah yang berbahan nyaman dan tertutup agar meminimalisir luka dan gesekan pada kulit Anda.

Berikutnya jangan lupakan untuk mengenakan sandal yang tidak licin dan nyaman di kaki agar Anda nyaman menyusuri gua - gua yang Anda inginkan.

Dan jangan lupakan pula segala perlengkapan keamanan Anda untuk memastikan semuanya bakal berjalan aman dan tanpa hambatan.

3. Yang harus Anda siapkan adalah menyiapkan mental Anda. Untuk menjadi penjelajah gua sejati kesiapan mental penting untuk Anda miliki.

Hal ini dikarenakan seringkali kondisi di dalam gua sangat ekstrim seperti minimnya cahaya atau minimnya udara. Siapkan mental Anda untuk kondisi demikian agar Anda tidak kaget.

4. Pastikan Anda untuk selalu menaruh hormat dengan alam di sekitar dan di dalam gua. Seringkali di gua ekosistemnya ada yang sangat berbeda.

Pastikan tangan Anda tidak gatal untuk membawanya pulang dan jangan pula mencorat - coret gua yang sudah Anda kunjungi.

Menghormati alam ini termasuk juga larangan untuk mematahkan stalagmit dan stalagtit yang ada di dalam gua.

5. Jangan ragu untuk melaporkan diri kepada guide jika memang Anda tidak bisa berenang. Ada beberapa gua yang hanya bisa dilewati dengan berenang dan jika Anda tidak bisa berenang, pastikan memberitahukan hal ini kepada guide Anda.

6. Jangan lupa untuk mematuhi peraturan gua - gua yang Anda kunjungi. Misalnya ada gua yang tidak memperbolehkan pengunjungnya untuk berisik karena banyaknya kelelawar yang ada di dalam gua. Pastikan mematuhi peraturan yang ada. src

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×