6 Tanjakan Legendaris Gunung Di Jawa

Pendakian gunung - gunung di Jawa menawarkan banyak tantangan bagi para pendaki untuk menggapai puncaknya. Gunung untuk pendakian umumnya memiliki pos - pos sebagai penanda jarak dan lokasi untuk beristirahat sejenak.

1. Tanjakan Cinta
Tanjakan cinta adalah sebuah jalur di Semeru setelah Pos Ranu Kumbolo menuju arah Oro - Oro Ombo. Sesuai namanya jalur tadi memang teramat menanjak dan cukup terjal dan lumayan jauh.

6 Tanjakan Legendaris Gunung Di Jawa

Ada mitos dan cerita jika kita sanggup melewati tanjakan cinta tanpa berhenti dan menoleh kebelakang , maka jika yang sedang menjalin cinta akan abadi dan diteruskan menuju pernikahan.

2. Tanjakan Asu
Puncak Welirang dan Arjuno tidaklah begitu mentereng dan popular. Para pendaki yang sudah berkelana kemana - mana pasti tidak akan melupakan “ sentuhan siksaan dan tanjakan Asu.

6 Tanjakan Legendaris Gunung Di Jawa

Jalur menuju dua puncak ini, khususnya yang melalui jalur Tretes. “Asu Tenan” kata pendaki asal Jawa adalah gambaran singkat, padat dan jelas mendeskripsikan jalur naik dan turun melalui Pos Tretes.

3. Tanjakan Setan 
Perjalanan menuju puncak Gede adalah medan terberat. Jarak antara Kandang Badak dan puncak hanya 563 meter, namun waktu tempuh bisa mencapai 2 - 3 jam, tergantung kemampuan pendaki.

6 Tanjakan Legendaris Gunung Di Jawa

Menjelang puncak kita harus berhadapan dengan "tanjakan setan" yang sangat terjal. Tapi jangan khawatir, disediakan tali untuk mendaki. Keletihan menggapai puncak bisa terobati karena perjalanan menuju puncak disebelah kiri terdapat kawah.

4. Tanjakan Iblis
Buat pemburu petualangan penuh tantangan, hal semacam ini pasti tak akan dibiarkan begitu saja. Hal lain yang menantang dan hanya ditemukan di Gunung Salak adalah apa yang saya sebut Tanjakan Iblis.

6 Tanjakan Legendaris Gunung Di Jawa

Bila Gunung Gede punya Tanjakan Setan, Gunung Salak juga memiliki tanjakan sejenis. Jika di Tanjakan Setan pendaki dibantu dengan tali baja yang dibentang dari atas ke bawah, Tanjakan Iblis tak memilikinya.

Yang lebih sulit lagi bila dibandingkan Tanjakan Setan yang terbentuk dari bongkahan batu gunung, Tanjakan Iblis berupa tanah liat dan batu berlumut yang begitu licin bila sehabis hujan. Hanya ada beberapa tonjolan batu untuk pijakan atau pegangan.

5. Tanjakan Seruni 
Tanjakan Seruni merupakan bagian terberat untuk mencapai puncak Gunung Ciremai, dimana pendaki harus setengah memanjat dengan mengandalkan akar pepohonan untuk mencapai tanjakan Bapatere ( 2200 Mdpl ).

6 Tanjakan Legendaris Gunung Di Jawa

Jika musim hujan, tanjakan seruni bisa lebih sulit lagi karena merupakan jalur lintasan air, sehingga hampir serupa dengan air terjun.

6. Tanjakan Bapatere
Masih di Ciremai, tanjakan ini lebih mirip panjat tebing karena kemiringannya yang sekitar 60º – 70º dan tingginya sekitar 8 – 10 m. Untungnya disisi tanjakan dipasangi tali sebagai bantuan.

6 Tanjakan Legendaris Gunung Di Jawa
Adrian
Bersiaplah merasakan siksaan Bapa Tiri terhadap anak tirinya. Dan karena itulah maka di namakan Bapa Tere.

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×