Tips Sebelum Mendaki Gunung

Tips sebelum mendaki gunung berikut ini sebaiknya kamu libatkan saat kamu merencanakan sebuah pendakian. Karena pada dasarnya kegiatan tersebut tak cukup hanya karena ada uang dan merasa mampu mendaki. Maka persiapkan semua hal sedetail mungkin sebelum pendakianmu.

Tips Sebelum Mendaki Gunung

Seperti kegiatan lain, kegiatan pendakian ini juga membutuhkan persiapan secara fisik maupun secara mental serta persiapan - persiapan lainnya apalagi jika seseorang yang akan melakukan pendakian tersebut belum memiliki pengalaman dalam hal mendaki gunung.

Hal ini penting dilakukan untuk keselamatan dan kenyamanan pada kegiatan pendakian tersebut sehingga pendaki dapat menikmati perjalanan mendakinya dengan senang dan penuh semangat.

Berikut ini tips sebelum mendaki gunung yang mestinya kamu tahu.

Cari Informasi Sebanyaknya
Hal yang paling utama dalam persiapan untuk mendaki gunung adalah mencari informasi sebanyak - banyaknya.

Informasi yang diperlukan sangatlah banyak seperti transportasi, rute, lokasi, jarak dan waktu pendakian, medan pendakian serta kemungkinan yang perlu diwaspadai seperti jalur yang rusak, cuaca dan badai.

Hal - hal tersebut merupakan hal ang mutlak untuk diketahui agar pendakian nantinya dapat berjalan dengan lancar.

Tips Sebelum Mendaki Gunung

Akan lebih baik lagi jika kamu memiliki peta pendakian sebelum pendakian tersebut dilaksanakan, kamu dapat mengetahui detail informasinya dengan melakukan pencarian melalui situs internet.

Persiapkan Bekal Dan Peralatan
Yang tidak kalah penting dari hal yang mesti dipersiapkan untuk mendaki gunung adalah mempersiapkan bekal serta peralatan - peralatan yang dibutukan. Usahakan untuk tidak melupakan membawa barang atau peralatan yang dibutuhkan seperti:

1.Alat - alat makan dan alat masak karna umumnya memasak dilokasi pendakian seperti panci kecil, kompor parafin, korek api, dan lainnya.
2. Obat - obatan ringan dan obat khusus bagi yang memiliki penyakit untuk mengantisipasi terjadinya kambuh.
3. Peralatan pribadi: baju ganti, jaket, sepatu, dan lain - lain.
4. Logistik seperti makanan ringan, roti, mie instant, air minum dan bahan lain yang dibutuhkan.
5. Seplemen energi seperti gula merah atau gula jawa, madu serta minuman suplemen.
6. Lampu senter.
7. Tongkat atau trekking pole.

Persiapan Fisik
Hal yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah persiapan fisik. Fisik ini sangatlah penting ketika mendaki gunung.

Tips Sebelum Mendaki Gunung

Jika keadaan fisik ini tidak mendukung maka sebaiknya kegiatan mendaki gunung ini ditunda terlebih dahulu supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan ketika melakukan pendakian di medannya.

Oleh karena itu, apabila kamu meiliki rencana untuk mendaki gunung dalam waktu dekat maka jagalah kesehatan dengan istirahat yang cukup dan akan dengan teratur serta olahraga secara rutin.

Olahraga yang dilakukan dapat berupa berenang, bersepeda jogging, fitness dan lain - lain yang diperlukan. Hal ini dilakukan supaya otot kamu terbiasa dengan kegiatan berat supaya tidak sering kram yang disebabkan kagetnya otot karena kegiatan yang luar biasa.

Mendakilah Bersama Rombongan
Mendaki gunung bersama dengan rombongan merupakan hal yang aman dan juga lebih menyenangkan daripada pendakian yang dilakukan secara sendirian.

Tips Sebelum Mendaki Gunung

Manfaat lebih bergabung dalam suatu rombongan adalah memiliki teman bicara dan apabila terjadi sesuatu seperti kecelakaan atau cidera, maka akan tertangani dan tertolong dengan cepat.

Jangan Marathon
Maksud dari marathon adalah perjalanan mendaki gunung dilakukan hingga puncak tanpa istirahat cukup. Hal ini akan menimbulkan akibat kelelahan dan kurang berkesan serta kurang menikati perjalanan.

Sebaiknya kamu beristirahat dengan cukup dipos - pos yang telah disediakan dan nikmati keindahan panorama alam saat mendaki gunung.

Istirahat dapat melepaskan penat dan lelah sehingga ketika melanjutkan perjalanan kamu bisa lebih fresh dan enjoy dengan suasana hari riang sehingga energi kamu tidaklah terkuras.

Taat Peraturan
Dalam proses pendakian berusahalah untuk menaati aturan yang dibuat untuk para pendaki selama proses mendaki di wilayah gunung yang dijadikan sebagai tempat pendakian.

Hindari mengotori area pendakian gunung dengan kotoran seperti sampah dan semacamnya serta jangan pula merusak keindahan alamnya agar kelestariannya tetap terjaga.

Tips Sebelum Mendaki Gunung

Demikianlah tips sebelum mendaki gunung yang perlu diperhatikan demi keamanan dan kenyamanan pendakian yang akan dilakukan oleh para calon pendaki.

Informasi tersebut akan memberikan gambaran bagi kamu yang mungkin saja tertarik untuk kegiatan pendakian dan berencana mendaki dalam waktu dekat.

Persiapkan dengan seksama dan yang paling penting adalah selalu berdoa pada Tuhan agar selalu dilindungi dan dimudahkan dalam kegiatan mendaki tersebut. Semoga bermanfaat dan selamat berpetualangcozmeed

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×