Sherpa Dan Sir Edmund Hillary

Sherpa adalah salah satu nama suku bangsa di Nepal dan Tibet yang hidup dan tinggal di lereng - lereng gunung Himalaya. Salah satu sherpa yang terkenal benama Tenzing Norgay yang ikut membantu pendakian Sir Edmund Hillary menuju puncak Everest. Mereka banyak mendaki karena, ahli dan kenal medan. Sampai saat ini jumlah mereka kurang lebih sekitar 60.000 jiwa. Saat ini nama mereka, sherpa banyak di gunakan sebagai sinonim nama pemandu, walaupun belum tentu dari suku Sherpa itu sendiri.

Sir Edmund Percival Hillary (Tuakau, 20 juli 1919—Wellington 11 januari 2008), adalah seorang pendaki gunung. Ia menjadi terkenal karena ialah yang pertama kali menaklukkan Gunung Everest, puncak tertinggi Pegunungan Himalaya. Mereka sampai ke puncak gunung 8.850 meter pada tanggal 29 mei 1953, dalam pendakiannya Edmund Hillary dibantu oleh 150 pendaki profesional ditambah 750 orang pendukung perbekalan bersama pemandu Sherpa, Tenzing Norgay.
Setelah berhasil, Edmund Hillary terutama memusatkan perhatiannya untuk memperbaiki kondisi hidup penduduk Nepal, terutama kaum Sherpa.

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×