Mengapa Mencium Hajar Aswad?

Saat tiba musim Haji, umat muslim dari segala penjuru dunia menuju ke satu titik, Baitullah atau tanah suci. Salat langsung di depan Ka'bah, berkesempatan mencium batu Hajar Aswad yang tertanam di dindingnya, di sudut selatan, sebelah kiri pintu bangunan yang menjadi kiblat.

www.belantaraindonesia.org

Kemudian ada satu rahasia, mengapa batu Hajar Aswad selalu dicium? Dan berikut ini semoga bisa memberikan manfaat.

Dahulu kala pada Zaman Azali ketika Adam pun belumlah diciptakan ada mahluk Allah yang paling dekat kedudukannya disisi Allah. Mahluk ini dari golongan Malaikat. Bahkan setingkat Malaikat Djibril, Mikail dan Israil selaku Malaikat Utama ( kalau orang Nasrani menyebutnya Archangel ) kedudukannya masih dibawahnya.

Ketika itu dia bertanya kepada Allah selaku penciptanya, siapakah mahluk yang paling disayangi oleh Allah. ” Ya Allah, bukankah aku mahluk yang paling dekat dan engkau sayangi di semesta ini?” tetapi Allah menjawab Tidak. Allah mengatakan bahwa masih ada seorang hamba-Nya yang paling dekat dan disayangi oleh Allah di alam semesta ini. Dan mahluk ini berasal dari jenis manusia.

Ketika Adam diciptakan Malaikat ini, memohon kepada Allah agar dia bisa selalu dekat dengan hamba-Nya yang paling disayangi agar mendapat kemuliaan yang sama dengannya. Maka Allahpun mengabulkannya dengan mengubahnya menjadi sebuah mutiara berwarna putih bersih.

www.belantaraindonesia.org

Ketika Adam terusir dari surga, Adam diberikan sebuah mutiara yang tidak lain adalah Malaikat itu. Allah meminta kepada Adam untuk meletakkannya disebuah bangunan yang akan digunakan untuk beribadah kepada Allah. Dan Adam beserta keturunannya diminta untuk mencium mutiara ini, yang sampai hari ini masih dilakukan oleh ummat Islam.

Dan bangunan itu adalah Ka’bah sedang mutiara putih bersih itu adalah Hajarul Aswad ( batu hitam ) yang telah berubah warnanya menjadi hitam legam akibat dosa - dosa manusia yang menciumnya. Akan tetapi semua itu tidak mampu menutupi wangi semerbak mahluk Allah yang istimewa ini sampai hari ini.

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×