Cara Pendakian Gunung Di Musim Hujan

Pendaki gunung atau petualang yang sejati, tak akan memperdulikan hujan turun saat berada di alam bebas. Tetapi dengan segala persiapan matang dan menjauhkan malas karena hujan. Resiko pendakian saat hujan memang begitu besar.

Cara Pendakian Gunung Di Musim Hujan

Di gunung saat hujan sering terjadi badai di sela hujan, maka seperti disebut di atas, persiapan, mutlak di perlukan secara khusus. Juga fisik di haruskan siap tanpa penghalang, karena kondisi medan yang berhawa dingin, hujan, angin kencang dan pakaian yang selalu basah.

Perhitungan yang matang tentang waktu perjalanan, lokasi berkemah, tempat - tempat darurat yang bisa digunakan untuk berlindung, bersitirahat dari hempasan cuaca dingin, sangat diperlukan pengetahuan jalur.

Untuk itu harus ada anggota yang telah berpengalaman dengan jalur pendakian. Serta pendaki harus pandai - pandai memilih peralatan, jangan menjadikan berat dengan barang yang tak diperlukan.  

Cuaca yang buruk sering membuat stamina pendaki menurun sehingga sangat tidak nyaman membawa beban berat.

Tetapi pendaki justru menambah beban keril dengan barang - barang yang seringkali justru tidak berguna. Perlengkapan yang penting seperti jas hujan justru sering dilupakan, mereka berpikir lebih penting membawa sleeping bag.

Cara Pendakian Gunung Di Musim Hujan

Lupakan tidur di gunung ketika musim hujan. Berkemah di musim hujan sungguh tidak nyaman, pakaian basah harus diganti sebelum masuk tenda, tas yang basah dan kotor, serta sepatu yang kotor harus berada diluar tenda sehingga tidak aman.

Tenda kapasitas 4 orang ketika musim hujan tidak bisa diisi penuh empat orang, karena banyak barang yang basah, dan barang yang bersentuhan dengan tenda akan menghasilkan rembesan air.

Atau bisa juga menerapkan Hiking Without Camping, yakni pendakian gunung dalam sekali jalan, naik dan turun, sehingga tak perlu menginap di tengah gunung. Atau mendaki dan kembali turun dalam satu hari.

Untuk melakukan hal itu, beberapa hal yang dilakukan adalah:

a. Memilih dan menentukan gunung dengan jarak tempuh pendakian yang relatif pendek ( sekitar 6 km s / d 15 km - jarak akumulatif pergi dan pulang ).

b. Mulai mendaki di pagi hari. Sedapat mungkin mengusahakan mulai mendaki sekitar pukul 05.00 wib.

c. Membawa perlengkapan seringan mungkin, hanya yang betul - betul diperlukan dan biasanya beban yang di bawa tidak lebih dari 3 kg. Pastinya perlengkapan kesiapan untuk menghadapi hujan yang tiba - tiba turun tak mungkin dilupakan, juga dengan kemungkinan kemalaman di dalam hutan, ponco, payung, senter.

d. Say no to 'sandal', apalagi sandal jepit.

e. Ingat prinsip pendakian: 'pulang dengan selamat adalah tujuan'.

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×