Musim Hujan Sebaiknya Tunda Pendakian Gunung

Musim Hujan Sebaiknya Tunda Pendakian Gunung dan itu sebaiknya kita lakukan. Mengapa? Yang pasti kadar medan berbahaya dan resikonya lebih besar saat melakukan pendakian gunung pada saat musim sedang hujan. Kemudian mengapa kita harus memaksa mendaki saat musim hujan? Padahal bila tidak sedang hujan, alam di gunung pasti masih terlihat indah dan terang pastinya.

Musim Hujan Sebaiknya Tunda Pendakian Gunung

Banyak resiko yang berujung maut dalam skala besar maupun kecil bila musim hujan kita berada dalam kegiatan pendakian gunung. Antara lain:

1. BADAI DAN PETIR
Badai dan petir di wilayah puncak sering terjadi apabila musim hujan tiba. Bukankah kita tahu bila petir mencari sasaran daerah yang lebih tinggi? Demikian juga badai di wilayah puncak lebih berbahaya karena kita sering tidak menemukan sesuatu untuk berlindung, misalnya pepohonan kuat dan tinggi.

2. JALUR LICIN
Jalur pendakian lebih banyak di guyur air dan itu akan menjadi licin karena tergerus air. Apabila hujan lebat, jalur tersebut bisa berubah menjadi sungai. Tentu apabila kita memaksa lewati, kita akan mudah terjatuh atau terpeleset. Membahayakan raga dan barang perbekalan kita. Apalagi bila kita menemukan orang yang iseng buang air besar di aliran air, dia kira sungai. Bau dan kaget!

3. ANCAMAN HEWAN LIAR
Hewan liar yang menyukai tempat basah seperti lipan, pacet dan lintah mudah menyerang yang berada didekatnya, karena mereka tertarik dengan badan kita yang lebih hangat. Hati - hati.

4. UDARA DINGIN
Udara dingin membuat kita lebih banyak memerlukan tenaga untuk menempuh perjalanan. Resikonya, kita akan mudah lelah dan itu membutuhkan asupan yang lebih banyak dari perbekalan kita. Boros bukan?

5. TERSESAT
Sering kita mendengar kabar pendaki tersesat dalam pendakian, salah satunya karena musim hujan. Kebanyakan pendaki akan memilih jalan yang sedikit tergenang air dari curah hujan.

Logikanya, di alam bebas, wilayah tersebut adalah wilayah yang jarang di rambah. Bila itu kita lakukan terus menerus, perlahan namun pasti kita akan tersesat. Dan juga kabut serta air hujan akan membuat pandangan mata kita terbatas.

Jangan tergantung kepada ponco atau jas hujan, karena di alam terbuka saat hujan membadai, semua itu tidak akan banyak membantu.

Cobalah kendalikan keinginan mendaki gunung. Tunda hingga musim hujan terlewati. Walaupun begitu, musim hujan juga ada manfaatnya bagi alam, yakni hujan membersihkan sampah pendaki yang dibuang sepanjang lereng gunung.

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×