Uniknya Bulan Februari

Februari, bulan kedua di tahun Masehi. Apa yang terlintas di benak Anda? Valentine tentu saja. Bulan yang di tunggu pasangan yang sedang jatuh cinta. Mereka menanti cokelat, bunga atau hadiah lainnya dari pasangan mereka. Februari memang identik dengan Valentine, tetapi Valentine hanya pada tanggal 14 saja, bukan sebulan penuh.

www.belantaraindonesia.org

Di bulan Februari masih ada keunikan lain selain Valentine. Keunikan sekaligus keistimewaan yang tidak di miliki bulan lain. Ingin tahu? Ya inilah uniknya bulan Februari.

Merupakan Bulan Baru
Februari itu diambil dari bahasa latin, yaitu Februus, artinya dewa penyucian. Dulu, zaman Romawi kuno, dalam 1 tahun terdapat 10 bulan, karena 61 hari pada musim dingin tidak dimasukkan ke dalam kalender. Akhirnya ada seorang yang mereformasi kalender, yaitu Numa Pompilus. Dia membutuhkan kalender yang bias dijadikan patokan kapan harus diadakan upacara dan tidaknya hanya untuk bertani.

Akhirnya ditambahkanlah bulan baru, yaitu Ianuarius dan Februarius. Ianuarius berjumlah 29 hari, sedangkan Februarius berjumlah 28 hari, jadi total dalam 1 tahun adalah 355 hari. Bulan pertama adalah Martinius dan bulan ke 11 adalah Ianuarius, sedangkan Februarius adalah bulan ke 12.

Pada tahun 45 SM, Julius Caesar mereformasi kalender lagi, Ianuarius menjadi bulan pertama dan Februarius menjadi bulan kedua. Di bulan Januari biasanya diadakan pemilihan konsul, dan di bulan Februarius, konsul yang terpilih dapat diberkati dalam upacara menyambut musim semi yang artinya menyambut hal yang baru.

Jumlah Hari Sedikit
Hanya Februari yang mempunyai hari paling sedikit. Di bulan Januari, Maret, Mei, Juli, Agustus, Oktober, Desember, Anda akan merasakan hari yang panjang, 31 hari. Sedangkan di bulan April, Juni, September, November Anda merasakan 30 hari. Coba Februari, hanya 28 atau 29 hari.

Mau tahu mengapa Februari jumlah harinya sedikit? Dulu, pada zaman Numa Pompilus, Februari berjumlah 28 hari, dan pada zaman Julius Caesar, bulan Februari berjumlah 29 dan 30 hari pada tahun kabisat. Saat Julius Caesar digantikan oleh Kisar Agustus, bangsa Romawi menyebut bulan Agustus dengan sexitilis yang berarti keenam.

Kemudian mereka mengubah namanya menjadi Agustus untuk menghormati pengganti Julius Caesar. Bulan ini dipilih karena Kisar Agustus selalu beruntung di bulan sexitilis. Karena ia tidak mau bulannya memiliki jumlah hari yang lebih pendek dari Julius Caesar, maka ia “mencuri” 1 hari pada bulan Februari dan ini menyebabkan Februari berjumlah 28 hari sedangkan Agustus berjumlah 31 hari.

Tahun Kabisat
Tahu apa yang dimaksud dengan tahun Kabisat? Ya, tahun yang bisa dibagi 4 dan dalam 1 tahun berjumlah 366 hari, bukan 365 hari. Tahun Kabisat ini berpengaruh pada bulan Februari. Biasanya Februari berjumlah 28 hari, namun pada saat tahun Kabisat, Februari berjumlah 29 hari. Jadi, Anda akan merasakan 28 hari di Februari setiap 4 tahun sekali.

Tahun kabisat berawal dari zaman Kekaisaran Romawi ribuan tahun yang lalu. Pada waktu itu pemimpinnya adalah Julius Caesar. Ia gusar sebab penanggalan yang berlaku malah membuat pusing kepala. Bulan Desember misalnya, kadang musim dingin dan kadang tidak. Kemudian, ia memerintahkan ahli perbintangan kerajaan, Sosigenes untuk membuat penanggalan baru. Dia mengatakan bahwa lama Bumi mengitari Matahari adalah 365,25 hari.

Namun, supaya mudah digenapkan menjadi 365 hari. Dan kekurangannya digabung menjadi 1 hari dalam setiap 4 tahun sekali. Lalu, tanggal berapakah yang hanya akan muncul tiap 4 tahun sekali? Ditetapkanlah, 1 hari akan ditambahkan pada bulan Februari setiap tahun Kabisat. Mengapa harus Februari? Karena bulan Februari memiliki jumlah hari yang paling sedikit, yaitu 29 hari. Bila tahun Kabisat tiba, Februari berjumlah 29 hari.

Hak Paten Telepon
Siapa yang tidak tahu Alexander Graham Bell? Dia adalah penemu / yang menciptakan telepon. Ada yang tahu kapan telepon di - hak - patenkan? Di bulan Februari!, tepatnya tanggal 14 Februari . Karena Alexander Graham Bell, dan hari dipatenkannya telepon, kita semua bisa memiliki telepon, sms - an, teleponan, pokonya bisa komunikasi jarak jauh dengan mudah. Dengan adanya telepon, pasangan dapat mencurahkan kasih sayang. Pas dengan momen Valentine.

Penyambung Bumi Dan Surga
Pada zaman Yunani kuno, Iris adalah penyampai pesan dewa - dewa dan personifikasi pelangi ( dalam bahasa Yunani, Iris berarti pelangi ). Iris bertugas sebagai penyambung antara Bumi dan Surga. Itulah sejarah bunga Iris, bunga kelahiran Februari. Sehingga, orang yang lahir di Februari dilambangkan dengan bunga Iris. Kelopak bunga Iris menghadap ke atas melambangkan keyakinan dan kebijaksanaan.

Amethyst
Amethyst adalah batu kelahiran Februari. Jadi orang yang lahir di Februari dilambangkan dengan batu ini. Kedalaman ungunya mengilhami Anda dengan perasaan kesehatan, itu adalah kekuasaan besar batu itu. Amethyst memberikan kekuatan pemakainya dan melindungi terhadap keracunan dari pemakaian berlebihan.

Amethyst adalah batu yang terjangkau, tersedia, dalam berbagai warna, mulai dari lavender untuk ungu kemerahan atau mendalam, dan banyak digunakan dalam perhiasan Amethyst dikatakan untuk rileks dan menenangkan pikiran, meredakan sakit kepala dan membuka pikiran untuk spiritualitas. Hal ini juga membawa keberuntungan dalam perang dan mempromosikan kepercayaan dan persahabatan.

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×