Foto Alam Bebas

Alam sungguh memiliki daya tarik yang luar biasa bagi manusia - untuk seniman dan tentu saja pemotret khususnya. Karena alam, selain selalu menjadi objek, selalu memberi inspirasi yang tak pernah ada henti - hentinya bagi manusia.

Dan, suara gemercik air, hembusan angin, sejuknya udara dan segala sesuatu yang dikeluarkan oleh alam, kian gereget mempengaruhi hati, pikiran dan tindakan seseorang untuk membidikkan kameranya.
Foto Alam Bebas

Permasalahannya, untuk membuat foto - foto tentang alam bebas yang indah itu tidak mudah. Apa yang terlihat indah oleh mata telanjang sering tak mampu diwujudkan dalam bentuk foto yang sama indahnya seperti saat mata memandang.

Akibatnya, fenomena keindahan itu pun seolah hilang begitu saja. Dan jika sudah demikian, keindahan alam bebas yang selalu memberi inspirasi itu seolah tak pernah menjadi kenangan dan hadir dalam bentuk kisah keagungannya bagi orang lain yang tidak melihatnya.

Namun bagi seorang pemotret tentunya hal demikian tak akan menjadi masalah. Sebab dengan keahliannya tentu ia dapat menangkap keindahan yang ditampilkan oleh alam itu dengan baik.

Foto Alam Bebas


Peralatan
Agar dapat menangkap dan menghasilkan foto tentang keindahan alam bebas yang paling praktis adalah dengan menggunakan kamera SLR atau RLT ( analog maupun digital ) 35 mm dengan sebuah lensa zoom, wide hingga tele ( 28 - 85 mm ) atau tele menengah hingga yang panjang ( 75 - 210 mm ). Lensa sudut lebar 20 mm atau lensa tele 300 mm juga lebih baik jika ada.

Perlu dicatat bahwa foto tentang alam bebas itu tidak selalu identik dengan foto yang harus diambil dengan menggunakan lensa sudut lebar untuk menangkap area yang luas. Melainkan bisa juga dengan lensa tele untuk detail dan sesuatu yang lebih khas.

Bedanya, bila menggunakan lensa sudut lebar, pemotret harus bisa memastikan bahwa pemandangan alam bebas yang akan "dibingkainya" memiliki latar depan ( foreground ) yang menarik.

Misalnya seperti ada bunga - bunga, bebatuan yang artistik, siluet sebuah benda ( refleksi ), bayangan pepohonan atau dedaunan untuk menciptakan kesan tiga dimensi yang kuat.

Sedangkan bila menggunakan lensa tele panjang, pemandangan alam bebas yang akan dipotret bisa menggambarkan secara khas tentang detail suatu objek yang menjadi ciri khas tempat atau daerah itu. Dengan begitu akan dihasilkan foto khas dan menarik karena sentuhan serta sajian yang berbeda.

Foto Alam Bebas
Filter Polarisasi

Penggunaan kamera dengan lensa - lensa yang bisa mencakup berbagai sudut pandang saja belumlah cukup untuk menghasilkan foto - foto yang baik.

Hal - hal lain yang masih diperlukan adalah kelengkapan seperti filter - filter misalnya filter polarisasi ( PL ), filter 85B dan filter Neutral Density ( ND ).

Filter polarisasi ( PL ) sangat berguna untuk mengurangi refleksi selain lebih sering digunakan untuk membuat biru langit dan menghijaukan rerumputan atau dedaunan.  

Filter 85B untuk memperkuat warna cahaya matahari terbenam dan matahari terbit. Sedangkan filter ND berguna untuk memperkecil perbedaan kekuatan sinar antara langit dengan bagian bawah foto, sehingga keadaannya terekam normal dari segi pencahayaan.
Foto Alam Bebas
Tripod

Perlengkapan tripod atau kaki tiga kamera juga sangat diperlukan, terutama untuk memotret alam bebas saat matahari terbit atau terbenam. Sebab memotret situasi seperti ini harus dilakukan dengan menggunakan kecepatan bukaan rana yang rendah.

Namun, jika anda tergolong seseorang yang senang bepergian dengan menggunakan kamera saku, juga tak perlu berkecil hati jika ingin merekam keindahan alam bebas yang dilihat.

Karena dengan kamera saku, khususnya kamera saku digital juga dapat menghasilkan foto alam bebas yang indah dengan mudah.

Fasilitas - fasilitas yang komplit dalam software dapat membantu menciptakan foto - foto alam bebas yang biasa dibuat dengan kamera saku menjadi luar biasa. Hal itu terjadi karena foto dapat dimanipulasi dengan memanfaatkan komputer.

Asal mahir mengoperasikan komputer, setidaknya dapat menghasilkan foto yang baik dan menarik dari sebuah foto biasa yang dihasilkan kamera saku. Dengan cara ini bahkan tak perlu menjadi seorang profesional untuk menghasilkan foto yang baik.

Beberapa Saran
Ada beberapa saran dan pesan agar mampu menghasilkan foto alam bebas yang baik, antara lain

Komposisi. Persoalan komposisi harus ditentukan secara hati - hati. Karena itu perhatikan latar depan, latar belakang, perspektif dan horizon, dengan pembagian ruang yang harmonis saat melakukan pemotretan.

Cahaya
Yang baik untuk kebutuhan foto pemandangan adalah cahaya alam sesaat matahari terbit atau sebelum sang surya terbenam. Hal itu karena bayangan terentang panjang, warna - warni menjadi matang dan langit tampak bersinar.

Karena itu dianjurkan untuk tidak terlalu terburu - buru dalam melakukan pemotretan pemandangan. Sebaiknya, untuk selalu bersabar menunggu atau menanti cahaya Matahari terbaik sehingga tercapai hasil foto dengan penyinaran yang baik.

Karakter
Arah cahaya dari samping yang dihasilkan oleh matahari pagi atau sore menghasilkan tekstur dengan karakter yang khas. Karena itu pilihlah keadaan dengan memadukan objek dan karakteristik yang sesuai kondisi cahaya.

Pembingkaian
Lakukan pembingkaian dengan cara terlebih dahulu mempelajari suatu keadaan sehingga bisa memilih sesuatu.

Apakah itu batang pohon kering, dedaunan, bangunan, bukit untuk memperkuat foto dengan memanfaatkannya sebagai latar depan ( foreground ) atau latar depan ( background ).

Foto Alam Bebas

Diafragma
Sebaiknya gunakan pemakaian diafragma kecil sehingga didapatkan hasil foto dengan ketajaman luas, yaitu latar depan hingga latar belakang tampak tajam semua.

Seperti yang harus dilakukan jika memakai lensa sudut lebar untuk memperbesar jarak antara yang dekat dengan yang jauh.

Cakrawala
Biasakan memainkan peran cakrawala dengan menempatkannya pada bagian bawah bila ingin menonjolkan bagian tas, misalnya langit yang luas menawan, cakrawala tinggi.

Atau menempatkannya pada bagian atas bila ingin menonjolkan bagian bawah foto yang menarik sekaligus untuk menerangkan bahwa sudut pemotretan dari ketinggian.

Imajinasi
Biasakan juga untuk melatih imajinasi dengan tidak terpaku pada aspek realita dari alam bebas, bukit, bangunan, pepohonan.

Tapi juga bisa melakukan dan mencari objek - objek yang abstrak misalnya langit yang terpantul dari kubangan air, garis - garis pagar yang seirama, langit yang biru, dan lain - lain.

Alam
Manfaatkan segala sesuatu yang berhubungan dengan alam, seperti keadaan cuaca, mendung, salju dan sebagainya, karena semua itu bisa mempengaruhi emosi yang kuat bagi terciptanya foto.

Dengan peralatan memadai dan perencanaan yang baik, memotret alam bebas sesuai yang diperkirakan akan sangat mungkin menjadi kenyataan.

Dan hal itu tentu akan terjawab dan tergambar pada foto bila kita sendiri mencintai alam. Sebab sesungguhnya selalu ada sesuatu yang indah yang dikeluarkan oleh alam.

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×