5 Lokasi Berburu Oleh - Oleh Khas Yogyakarta

Bila Anda berkunjung di Yogyakarta, belum puas rasanya apabila belum mencari oleh - oleh makanan atau benda lain khas Yogyakarta. Yogyakarta memiliki banyak lokasi untuk para pemburu oleh - oleh, selain di lokasi wisata yang memanjakan pengunjungnya. Anda berburu oleh - oleh khas Yogyakarta? Silahkan kunjungi 5 lokasi berikut ini.

1. Pasar Malioboro
Belum ke Yogyakarta jika belum belanja ke Pasar Malioboro. Pasar yang membentang di Jalan Malioboro ini memang selalu memiliki magnet bagi para wisawatan.

www.belantaraindonesia.org

Banyak oleh - oleh yang bisa Anda temukan di sini, seperti batik, sandal, tas, bangkon, hingga pernak - pernik. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau, namun Anda harus pintar - pintar menawar jika ingin mendapatkan harga yang lebih murah.

Pasar Malioboro sangat mudah di jangkau. Letaknya berada di pusat Kota Yogyakarta. Datang ke pasar ini dan temukan berbagai jenis oleh - oleh khas Yogyakarta.

2. Pasar Kasongan
Kasongan merupakan pasar atau lebih tepatnya pemukiman para pengrajin gerabah di Desa Kasongan, Bantul, Yogyakarta. Di sini, Anda bisa membeli buah tangan berupa kendi, kuali, vas, dan lain - lain.

www.belantaraindonesia.org

Pasar kasongan memiliki beberapa galeri untuk memamerkan kerajinan tangan masyarakat Desa Kasongan. Selain berbelanja, Anda juga bisa belajar membuat gerabah di pasar ini.

3. Pasar Beringharjo
Pasar Beringharjo juga merupakan tempat berburu oleh - oleh favorit hampir setiap wisatawan yang datang ke Kota Pelajar ini. Letaknya tidak jauh dari Pasar Malioboro dan sangat mudah untuk dijangkau.

www.belantaraindonesia.org

Tempat ini merupakan pasar terbaik membeli batik untuk oleh - oleh di Yogyakarta karena memiliki koleksi batik yang lengkap dan harganya yang cukup terjangkau. Selain batik, Anda bisa menemukan banyak koleksi buah tangan khas Yogyakarta, dari alat - alat rumah tangga hingga barang antik pun tersedia di sini.

Jika Anda lapar, jangan khawatir. Di bagian depan dan belakang Pasar Beringharjo berjejer penjual makanan. Cobalah untuk menyantap makanan khas Yogyakarta untuk membuat kunjungan Anda kali ini lebih berkesan.

Pasar ini hanya buka hingga pukul 17.00 WIB, jadi lebih baik jika Anda datang lebih awal sehingga bisa makin puas untuk berburu oleh - oleh.

4. Pasar Seni Gabusan
Sejak awal dibangun, Pasar Gabusan memang ditujukan sebagai akses pengrajin di Kabupaten Bantul ke pasar internasional. Tak tanggung - tanggung, pasar ini mampu menampung 444 pengrajin dan sepertinya akan terus bertambah.

www.belantaraindonesia.org

Akses untuk menuju Pasar Gabusan sangat mudah. Pasar seni ini berada di Jalan Raya Parangtritis km 9. Dari Kota Yogyakarta, Anda bisa mengambil jalur ke arah selatan atau menuju Pantai Parangtritis.

Eits, jangan bayangkan kondisi pasar yang panas dan kumuh, karena Pasar Gabusan terlihat sangat bersih dan megah. Untuk membangunnya saja, arsitek dalam dan luar negeri telah dikerahkan. Bagitu sampai di Pasar Gabusan, gerbang yang megah dan menarik akan menyambut kedatangan Anda.

Bangunan pasar terbagi dalam 16 blok. Setiap blok berisi macam-macam kerajinan tangan beraneka bahan dasar, mulai dari logam, kulit, kayu, tanah liat, hingga eceng gondok.

5. Kotagede
Kawasan ini terletak di sebelah Selatan Kota Yogyakarta, kira - kira 5 Km dari pusat kota. Kotagede merupakan surga belanja bagi para pemburu perak dan sentra kerajinan perak yang cukup terkenal.

www.belantaraindonesia.org

Berbagai kerajinan perak tersusun rapi di tiap galeri di Kotagede, dari yang berbentuk kecil hingga miniatut Candi Borobudur pun ada di sini. Proses pembuatannya yang sangat sulit membuat harga perak tentu saja tidak murah.

Selain berbelanja, di sini juga bisa untuk mencoba berkreasi membuat kerajinan perak dengan imajinasi Anda sendiri.  source and photo credit

ARTIKEL TERKAIT:

Alamat:

Labasan Pakem Sleman Yogyakarta 55582

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari Jam 9.00 Wib to 17.00 Wib

Telepon:

0813 9147 0737

"Salam Rimba Indonesia"

Indonesia kaya akan keindahan alam dan tugas kita untuk menjaga sekaligus menikmatinya.

Kami, Para Sherpa selaku admin webblog Belantara Indonesia mengucapkan:
"Selamat menjelajah alam cantik Indonesia".

×